• Minggu, 14 Agustus 2022

26 Juni di Hari Anti Narkoba Internasional, Jangan Hanya Sebatas Seremonial Saja

- Minggu, 12 Juni 2022 | 11:37 WIB

Beritasenator.com -- Jangan hanya setiap tanggal 26 Juni, di Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). “Sebatas seremonial, tanpa komitmen dan tindak lanjut,” ujar Asri Hadi, aktivis anti narkoba mengingatkan.

Menurut Bendahara Asosiasi Media Digital Indonesia, mendorong peran Badan Narkotika Nasional (BNN) melibatkan aktivis dan media massa, lebih baik lagi.

Asri Hadi mengamati, langkahnya institusi BNN dalam zona nyaman. Tangkapan narkoba, malah kalah jauh dengan instansi Kepolisian, dengan pasukan merah putih atau Angkatan Laut.

"Yang mampu membuktikan cegah hingga pemberantasan narkoba lebih baik," ujar Budi Jojo membandingkan temuan instansi polisi dan AL, yang besar-besar dalam hal bongkar sindikat narkoba.

Artinya, selama ini, jika tidak ditangkap oleh Polisi dan AL, narkoba itu sudah merembes ke masyarakat. Tanpa dikeahui BNN, ini yang membuat miris.

"BNN juga jangan anti kritik, kalau aktivis memberi masukan, malah kemudian dijauhi, dan tak dilbatkan," ujar aktivis Ridma Foundation ini bersaksi.

BNN perlu introspeksi. Jadikan 26 Juni, bukan seremonial tapi langkah introspeksi.

Institusi BNN harus diisi orang yang kredibel dan mengerti permasalahan narkoba, bukan tempat "parkir" terima gaji bulanan dan fasilitas saja.

Libatkan segenap unsur di masyarakat, untuk peduli bahaya narkoba. Termasuk, bereskan dan bongkar jaringan bandar narkoba dari balik penjara dengan tuntas.

Halaman:

Editor: Redaksi Berita Senator

Artikel Terkait

Terkini

15 Orang Nelayan Pengguna Bom Ikan Ditangkap Polisi

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Konflik Di Mali Tidak Berkomflik Dengan PBB

Rabu, 27 Juli 2022 | 16:00 WIB

Densus 88 Menangkap 8 Terduga Teroris

Sabtu, 23 Juli 2022 | 08:00 WIB
X