• Selasa, 7 Desember 2021

Aktivis Anti Narkoba: Kami Dukung Kebijakan Anies Baswedan

- Sabtu, 18 September 2021 | 09:16 WIB

“Kami mendukung kebijakan Gubernur Anies Baswedan, yang menegaskan tak boleh memajang rokok di supermarket,” ujar Asri Hadi, Dewan Redaksi majalah HealthNews, satu-satunya media di Indonesia yang direkomendasi UNODC (United Nations Drugs and Crime) (https://healthnews.id/).

Pria yang juga aktivis anti narkoba sejak jaman Bakolak Inpres 71 ini mengaku senang dengan seruan Anies Baswedan

Anies yang seorang akademisi pendidikan dan juga politikus Indonesia itu disebut Asri Hadi orang yang peduli, care dengan nasib anak bangsa. Jangan sampai, anak bangsa menjadi korban iklan pabrik atau industri rokok yang masif punya dana iklan besar, menyebut rokok sebagai gaya hidup.

Padahal rokok adalah gaya hidup tak sehat. Dalam satu batang rokok mengandung 4.000 macam zat kimia. Sesungguhnya rokok itu memiliki sifat utama layaknya narkoba yaitu habituasi, adiksi, dan toleransi.

Habituasi adalah suatu perasaan rindu, terus-menerus ingin menggunakan zat tersebut saat berkumpul dengan sesama teman pengguna.

BACA JUGA: DESA CEGAH NARKOBA, APA ITU?

Sedangkan zat adiksi merupakan dorongan kompulsif untuk menggunakan suatu zat disertai tanda-tanda ketergantungan berupa psikis (psychological dependence), seperti menghadapi stres maupun ketergantungan fisiologis (physiological dependence).

Toleransi yaitu bentuk ketergantungan pemakai zat memerlukan dosis yang lebih besar atau mencapai efek kenikmatan yang membuat penikmat menambah jumlah batang yang dihisap dari waktu ke waktu, ditambah lagi dengan rokok sebagai narkoba termurah dan terjual bebas.

Di balik semua itu, nikotin sebagai salah satu komponen dari rokok merupakan zat psikotropika stimulan, yang membuat pengguna akan mengalami kecanduan.

Halaman:

Editor: Jojo

Tags

Terkini

Pasar Pon Kini Nyaman dan Aman Buat Berbelanja

Rabu, 1 Desember 2021 | 18:00 WIB

Indonesia Pusat Mangrove Terpenting di Dunia

Sabtu, 27 November 2021 | 17:00 WIB

Gran Melia di pulau surga Lombok, Repost MATRANEWS.id

Sabtu, 27 November 2021 | 05:22 WIB

Rilis Pers BNPP, Klik ini

Jumat, 26 November 2021 | 10:33 WIB

Esai Foto Lansia Divaksin Serbuan BIN, Klik ini

Kamis, 25 November 2021 | 18:54 WIB

Kemensos Akan Melakukan Pemadanan Data Bansos

Selasa, 23 November 2021 | 18:00 WIB
X