• Minggu, 5 Februari 2023

Pemprov Jateng Akan Terus Melakukan Keterbukaan Informasi Publik

LBH
- Jumat, 18 November 2022 | 18:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Beritasenator.com. Keterbukaan informasi publik menjadi parameter penting dalam mewujudkan “good government”. Alasannya, prestasi dan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sosiawan, di Pendopo Selatan Kantor Bupati setempat, baru-baru ini.

Baca Juga: Kenapa Sih Protes Pecinta Lingkungan Harus Merusak Lukisan Ternama di Eropa

“Badan publik harus mempertanggungjawabkan kinerja dan akses publiknya, baik diminta maupun tidak karena pemerintah mengemban amanah dari rakyat yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Sosiawan mengatakan, pihaknya rutin melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap badan publik di Jawa Tengah, agar keterbukaan informasi publik dapat terimplementasikan secara maksimal, mulai tingkat kelurahan sampai provinsi.

 

Menurut Sosiawan, badan publik harus transparan dalam mengelola seluruh program kerja, terutama program yang menyangkut dua aspek utama, yaitu administratif dan komitmen penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga: Ayo Ikuti Lomba Desain Logo Solo dan Maskot Rajamala 

“Aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, hingga pertanggungjawaban harus dilakukan dengan terbuka. Keterbukaan Informasi Publik juga tidak boleh melanggar tiga hal penting, yaitu subtansi harus benar, akurat, dan tidak menyesatkan publik.

Sosiawan berharap, tahun ini Pemkab Wonosobo mampu mencapai predikat sebagai Kabupaten yang informatif.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: jateng.go.id

Tags

Terkini

Polres Wonogiri Tetap Memberlakukan Tilang Manual

Senin, 30 Januari 2023 | 17:50 WIB
X