• Minggu, 5 Februari 2023

Polres Ponorogo Menghimbau Para Orangtua Agar Tidak Mengijinkan Anak Dibawah Umur Naik Motor

LBH
- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:50 WIB
LAKA MAUT-Petugas melakukan olah TKP kecelakaan maut yang menewaskan seorang ibu pengendara motor.  (KLIKTIMES.COM/IST.)
LAKA MAUT-Petugas melakukan olah TKP kecelakaan maut yang menewaskan seorang ibu pengendara motor. (KLIKTIMES.COM/IST.)

Beritasenator.com. Para orang tua diminta oleh Satlantas Polres Ponorogo agar tidak memberi atau mengizinkan anak-anak yang masih di bawah umur untuk mengendarai sepeda motor, apalagi di jalan raya.

Baca Juga: Keluarga Lukas Enembe Menujuk OC Kaligis Sebagai Pengacara Lukas Enembe

Karena, selain belum diperkenankan dari sisi perundang-undangan anak-anak yang masih di bawah umur dari sisi aspek kejiwaan memiliki sifat labil dalam mengendalikan emosinya. Karena itu saat berkendara kendaraan bermotor dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain.

Imbauan kepada orang tua disampaikan Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Affan Priyo Wicaksono Senin (23/1/2022).

Menurutnya selain belum cukup dari sisi usia, para pengendara di bawah umur ini tak jarang ditemukan tidak menggunakan helm pengaman maupun kelengkapan berkendara lainnya. Upaya pencegahan sudah dilakukan Satlantas dengan tindakan preemtif dan preventiv.

Baca Juga: 2 Anggota KKB Di Distrik Mandobo, Boven Digul Ditangkap Polisi

“Namun tindakan represif berupa penindakan hukum dengan tilang perlu juga kami lakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan meminimalisir terjadinya kecelakaan,” kata AKP Affan Priyo Wicaksono.

Dikatakan, belum genap 1 bulan 2 anak di bawah umur di Ponorogo meninggal dunia karena kecelakaan di jalan raya. Sehingga pihaknya mengimbau kepada orang tua untuk membatasi anak-anak yang masih di bawah umur tidak menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Baca Juga: Dramatis Pertandingan Arsenal VS MU

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: NTMC Polri

Terkini

Polres Wonogiri Tetap Memberlakukan Tilang Manual

Senin, 30 Januari 2023 | 17:50 WIB
X