• Kamis, 27 Januari 2022

Aman Berinternet, Lindungi Data Pribadi

- Jumat, 26 November 2021 | 12:07 WIB

Masyarakat telah dipermudah berkat keberadaan teknologi dan jaringan internet.

Akan tetapi selain manfaat yang didapat, internet memiliki dampak negatif dan ancaman tersendiri seperti penipuan, hoaks hingga upaya pencurian data yang digunakan untuk mengambil keuntungan.

S.S Budi Raharjo, MM mengingatkan untuk kita semua menghindari tindak kejahatan di internet setiap orang perlu menjaga data pribadinya.

Termasuk, PIN, kode autentifikasi, password saat aktivitas online dan memproteksi juga perangkat digital yang dipakai.

“Di era digital ini setiap orang akhirnya harus bisa mengelola identitas digital dan mengasah kemampuan kompetensi media digital,” ujar pria yang kerap dipanggil Budi Jojo.

Anggota Densus digital itu, menyebut keamanan digital yang harus dipahami antara lain membiasakan mengecek saat membuka situs apakah resmi atau tidak, kemudian membiasakan diri untuk tidak memakai wifi public.

Juga menyeleksi apa yang diunggah di media sosial, memverifikasi apa yang diunggah, berhati-hati membagikan informasi, serta memerhatikan akses URL dari situs yang dikunjungi.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari masyarakat yang sudah melek digital juga harus memahami bagaimana cara menghindari penipuan digital.

Seperti tidak mudah percaya dan selalu mengecek informasi terlebih dulu, teliti dengan iklan yang ada di website, jangan tertipu akun palsu, serta menjaga kerahasiaan data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, KTP, SIM, hingga kode OTP.

Branding dan Digital Marketing

Editor: Jojo

Terkini

Catatan Tertinggal di HUT BNPB, Oleh: Egy Massadiah

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:22 WIB

Indonesia vs Thailand

Selasa, 25 Januari 2022 | 06:36 WIB

Imam B Prasodjo Dalam Catatan Pinggir Facebook

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:49 WIB

Catatan WA, Egi Massadiah Tentang Monkey Business

Kamis, 13 Januari 2022 | 18:20 WIB

Peringatan BMKG di Tanggal 13 Sampai 15 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 08:52 WIB
X