• Kamis, 27 Januari 2022

Mengajarkan Keamanan pada Anak

- Sabtu, 27 November 2021 | 10:31 WIB

Situasi pandemi mengharuskan kita semua untuk beradaptasi. Sebagai orang tua sekaligus orang dewasa, di masa pandemi ini kita menghadapi tantangan, seperti kestabilan emosi, ekonomi, kesehatan, hingga kestabilan pengetahuan teknologi.

Keadaan orang tua menjadi penting dalam kondisi ini. Pasalnya, orang tua perlu mengajarkan anak mengenal dan beradaptasi dengan teknologi digital.

Tantangan lain yang dihadapi orang tua ialah kemudahan akses internet dan bebas berkoneksi tanpa aturan, termasuk pada anak-anak.

Akan tetapi, masih banyak orang tua yang gagap teknologi. Apabila hal itu terjadi, orang tua akan sulit untuk menetapkan aturan bersama anak.

“Banyak risiko yang mengancam ketika anak kita asyik berselancar di dunia maya tanpa aturan. Banyak konten-konten yang bisa mempengaruhi mental anak,” tutur  Pipit Djatma, Activist IBU Foundation dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021).

Konten cyberbullying, games online, ujaran kebencian, bahkan konten seksual sangat berbahaya bagi anak apabila tidak diawasi. Anak pun dapat berpotensi menjadi ketergantungan dan kecanduan. Di samping itu, anak mudah mengalami mood swing.

Peran orang tua untuk menciptakan keamanan diinternet dimulai dari komunikasi dan edukasi. Anak-anak membutuhkan pembimbing yang bisa menuntun mereka masuk ke dunia internet.

Diskusikan kepada anak mengenai kebutuhan, risiko, dan tanggung jawab dalam menggunakan gadget. Orang tua bisa menjadi teman bagi anak, sepakati aturan dan larangan beserta konsekuensinya secara realistis dan logis.

“Anak-anak sekarang mendapat informasi tidak hanya dari orang tua. Mereka punya sumber informasi lainnya di internet,” tuturnya.

Kemudian, memahami internet dan jaringan media sosial agar bisa mengetahui cara memproteksi anak. Orang tua harus bisa menjadi role model bagi anak dalam penggunaan internet.

Lalu, orang tua harus mampu mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan tepat.

Halaman:

Editor: Jojo

Sumber: Majalah Eksekutif

Tags

Terkini

Catatan Tertinggal di HUT BNPB, Oleh: Egy Massadiah

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:22 WIB

Indonesia vs Thailand

Selasa, 25 Januari 2022 | 06:36 WIB

Imam B Prasodjo Dalam Catatan Pinggir Facebook

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:49 WIB

Catatan WA, Egi Massadiah Tentang Monkey Business

Kamis, 13 Januari 2022 | 18:20 WIB

Peringatan BMKG di Tanggal 13 Sampai 15 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 08:52 WIB
X