BMKG Lakukan Survei Gempa bumi Merusak M6,6 Di Selatan Banten

- Jumat, 21 Januari 2022 | 06:16 WIB

Beritasenator.com -- Dari hasil pengamatan makroseismik dan pengukuran seismik dilapangan dapat disimpulkan bahwa kerusakan terbanyak terdapat di kecamatan Sumur Kabupaten pandeglang.

Sebagian besar kerusakan pada bangunan disebabkan oleh faktor jarak yg dekat dengan epicenter dan konstruksi bangunan yang tidak memenuhi standar konstruksi (Building Code) yg dipersyaratkan.

Selain itu lokasi dengan banyak kerusakan berada diatas lapisan tanah dengan klasifikasi jenis tanah lunak (E)

Kejadian dan Parameter Gempabumi:

Hari Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05.41 WIB wilayah Selatan Banten diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Dampak Gempabumi:

Berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap) BMKG guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang dengan skala intensitas VI MMI ( Getaran dirasakan oleh semua penduduk.

Kebanyakan semua orang meraskan kuat dan berlari keluar rumah, dan terjadi kerusakan ringan pada bangunan ), Labuan dan Sumur dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, bandar Lampung dengan skala intensitas III – IV MMI (

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Kapal Perang TNI AL Siap Dukung Mudik Lebaran

Jumat, 29 April 2022 | 20:19 WIB

Catatan Mozes Di Seychelles

Rabu, 27 April 2022 | 17:02 WIB
X