• Minggu, 24 Oktober 2021

7 Seniman Myanmar Mengadakan Pameran Lukisan Mencerca Junta Militer Myanmar

LBH
- Senin, 20 September 2021 | 12:02 WIB
Bart Was Not Here pelukis Myanmar yang melakukan protes ke junta militer
Bart Was Not Here pelukis Myanmar yang melakukan protes ke junta militer

Beritasenator.com. Tujuh seniman Burma atau Myanmar mengadakan pameran di Paris, Perancis. Karya seni ke tujuh seniman ini sebagai bentuk protes kepada aksi kudeta oleh junta militer. Kepada France 24 aksi ketujuh seniman ini di wakili oleh Bart Was Not Here, mengatakan mereka bukan aktfitis tapi seniman yang sedang protes.  "Saya bukan aktivis, saya seniman," kata Bart Was Not Here.

Ia dengan tegas menolak digambarkan sebagai pembangkang politik. Sejak kudeta militer di Myanmar pada 1 Februari tahun ini. Pria berusia 25 tahun seniman ini. Telah menggunakan karya seninya untuk berkampanye melawan junta militer negara itu. 

Dia adalah salah satu dari tujuh seniman Burma yang karyanya dipamerkan di Place du Palais-Royal di Paris, sebagai bagian dari pameran Fighting Fear: #WhatsHappeningInMyanmar, yang diselenggarakan oleh LSM internasional Human Rights Watch dan berlangsung dari 18 September hingga 17 Oktober. 

Hanya beberapa langkah dari Louvre. Pameran ini berlangsung selama sebulan. Menampilkan serangkaian karya yang dibuat untuk menanggapi situasi politik di Myanmar.  Bart Was Not Here dengan lukisan warna-warni dipajang bersama foto-foto demonstrasi yang meletus setelah tentara mengambil alih kekuasaan.

Pengaruh seni pop pada karyanya sangat jelas. Temanya kecenderungan politik. Mereka mengejek biksu ekstremis religius Wirathu, yang dibebaskan dari penjara awal bulan ini oleh junta; mantan presiden Thein Sein; serta para pemimpin dari badan intelijen negara.  

Menurut Bart Was Not Here beberapa lukisannya dibuat sebelum kudeta terjadi. “Tapi sekarang saya pikir potongan satir lebih penting dari sebelumnya. Mereka menunjukkan bahwa saya tidak takut pada militer. Saya tidak takut mengejek atau mempermalukan mereka. Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Mereka bisa membunuh saya, ”katanya dengan mengangkat bahu sederhana.

 

Baca Juga: MU Menang Dari West Ham United. Ole Gunnar Solskjaer Bernapas Lega

Editor: LBH

Sumber: france24.com

Tags

Terkini

2 Gol Messi Membawa PSG Menang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Daftar SWIFT Code, BIC, dan IBAN Bank di Indonesia

Kamis, 14 Oktober 2021 | 03:25 WIB

Taiwan Tidak Takut Atas Ancaman China

Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Bandara King Abdullah di Arab Saudi Diserang Drone

Minggu, 10 Oktober 2021 | 15:00 WIB

AS Meminta Taliban Membebaskan Warga AS Yang Disandera

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB
X