• Minggu, 24 Oktober 2021

Presiden AS Joe Biden Berusaha Meredam Amarah Presiden Prancis Macron

LBH
- Senin, 20 September 2021 | 12:53 WIB
Kapal selam buatan Prancis (Instagram/franch.navy)
Kapal selam buatan Prancis (Instagram/franch.navy)

Beritasenator.com. Amerika Serikat dan Inggris berusaha meredakan ketegangan dengan Paris. Mengenai pakta keamanan baru dengan Australia. Pada hari Minggu Presiden AS Joe Biden meminta pembicaraan awal dengan Presiden  Prancis Emmanuel Macron untuk meredakan ketegangan.

Pengumuman aliansi pertahanan baru ini dilanjutkan  dengan keputusan terkait pembatalan Australia untuk membeli kapal selam Prancis kapal bertenaga nuklir. Australia mengalihkannya dengan membeli senjata selam nuklir dari Amerika.

Hal ini memicu kemarahan Paris. Akibatnya Macron memanggil duta besar Prancis untuk Canberra dan Washington. Sebuah langkah diplomatic yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mencoba menenangkan pemerintahan Marcron pada hari Minggu. Boris Johson mengatakan bahwa “Pakta itu tidak dimaksudkan untuk menjadi eksklusif. Itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan siapa pun dan terutama oleh teman-teman Prancis kami". 

Sementara itu juru bicara pemerintahan Prancis. Gabriel Attal mengatakan bahwa presiden AS, Joe Bide meminta waktu untuk menelepon presiden Prancis, Macron.“Kami ingin penjelasan," kata Attal, menambahkan bahwa AS harus menjawab "Apa yang tampak seperti pelanggaran besar kepercayaan".  

Reaksi keras pemerintah Prancis dengan melakukan penarikan kembali duta besar untuk Australia dan AS. Hal ini untuk pertama kalinya dalam sejarah hubungan dengan negara-negara tersebut. Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le kata Drian,  mengatakan bahwa tindakan ini “Untuk menunjukkan betapa tidak bahagianya kami dan bahwa ada krisis serius di antara kami”. 

 

Baca Juga: 7 Seniman Myanmar Mengadakan Pameran Lukisan Mencerca Junat Militer Myanmar

Editor: LBH

Sumber: france24.com

Tags

Terkini

2 Gol Messi Membawa PSG Menang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Daftar SWIFT Code, BIC, dan IBAN Bank di Indonesia

Kamis, 14 Oktober 2021 | 03:25 WIB

Taiwan Tidak Takut Atas Ancaman China

Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Bandara King Abdullah di Arab Saudi Diserang Drone

Minggu, 10 Oktober 2021 | 15:00 WIB

AS Meminta Taliban Membebaskan Warga AS Yang Disandera

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB
X