Remaja Rittenhouse Dibebaskan Dari Tuduhan Pembunuhan Oleh Pengadilan AS

LBH
- Selasa, 23 November 2021 | 12:30 WIB
foto Kylle Rittenhouse ketika menembak ke arah perusuh di Wisconsin
foto Kylle Rittenhouse ketika menembak ke arah perusuh di Wisconsin

Beritasenator.com. Seorang juri membebaskan remaja Kyle Rittenhouse pada hari Jumat dari pembunuhan dalam penembakan fatal dua pria selama protes keadilan rasial dalam keputusan yang memicu perdebatan sengit tentang hak senjata dan batas-batas pertahanan diri di Amerika Serikat. 

Baca Juga: Menteri Kesehatan Jerman Mengatakan Divaksin atau Akan Meninggal Karena Covid

Juri memutuskan Rittenhouse, 18, tidak bersalah atas semua tuduhan: dua tuduhan pembunuhan, satu tuduhan percobaan pembunuhan karena melukai orang ketiga, dan dua tuduhan secara sembrono membahayakan keselamatan dalam protes yang diwarnai oleh pembakaran, kerusuhan dan penjarahan pada 25 Agustus, 2020 di Kenosha, Wisconsin

Rittenhouse menangis tersedu-sedu setelah vonis dan jatuh ke lantai sebelum dibantu kembali ke kursinya. 

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer Dipecat Oleh Manchester United

Di tengah kehadiran penegak hukum yang berat, beberapa lusin pengunjuk rasa berbaris di tangga di luar gedung pengadilan setelah putusan dibacakan, beberapa membawa plakat untuk mendukung Rittenhouse dan yang lainnya menyatakan kekecewaan. 

"Kami semua sangat senang Kyle dapat menjalani hidupnya sebagai orang yang bebas dan polos, tetapi dalam situasi ini tidak ada pemenang, ada dua orang yang kehilangan nyawa dan itu tidak merugikan kami sama sekali," David Hancock , juru bicara keluarga Rittenhouse, mengatakan kepada Reuters. 

Baca Juga: COP26 Berakhir Dengan Tidak Ada yang Benar-Benar Bahagia, Ini Catatan SS Budi Raharjo MM

Rittenhouse menembak dan membunuh Joseph Rosenbaum, 36, dan Anthony Huber, 26, dan menembakkan peluru yang merobek lengan Gaige Grosskreutz, 28. Rittenhouse mengklaim pertahanan diri. Presiden Joe Biden, yang selama kampanye pemilihan tahun lalu men-tweet sebuah video yang tampaknya menghubungkan Rittenhouse dengan supremasi kulit putih, mengatakan pada hari Jumat bahwa dia mendukung keputusan juri

Tetapi reaksi di tempat lain menunjukkan perpecahan partisan yang mendalam. Itu disambut dengan kemarahan oleh banyak orang di kiri politik dan dirayakan oleh para pendukung hak senjata.   

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: France24.com

Tags

Terkini

Finlandia Ingin Segera Bergabung Dengan NATO

Jumat, 13 Mei 2022 | 09:00 WIB
X