• Kamis, 27 Januari 2022

Negara Uni Eropa, AS dan Kanada Mulai Memperketat Kunjungan Ke Afrika Karena Varian Omicron

LBH
- Sabtu, 27 November 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi, Ilmuan temukan varian baru covid-19 yang lebih ganas dari delta.  (Pixabay)
Ilustrasi, Ilmuan temukan varian baru covid-19 yang lebih ganas dari delta. (Pixabay)

Beritasenator.com. Strain COVID baru yang mengkhawatirkan telah diklasifikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai "varian perhatian" - tingkat yang paling serius - dan secara resmi diberi nama Yunani Omicron.

WHO mengatakan varian tersebut, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan sebelumnya dikenal sebagai B.1.1.529, "memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan" dan bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dibandingkan dengan jenis lain.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Ditemukan Di Afrika Selatan 2 Kali Lebih Menular 

Kasus di Belgia melibatkan orang yang tidak divaksinasi yang melakukan perjalanan dari luar negeri. Mereka mengembangkan gejala dan dinyatakan positif pada 22 November. B.1.1.529 telah ditemukan dalam jumlah yang relatif rendah terutama di Afrika Selatan, dan juga telah terdeteksi di Botswana, Hong Kong dan Israel.

 Ilmuwan Inggris pertama kali mengetahui jenis baru pada 23 November setelah sampel diunggah ke situs web pelacakan varian COVID dari Afrika Selatan, Hong Kong, dan kemudian Botswana. Sebanyak 59 sampel telah diunggah sejauh ini. Di tengah kekhawatiran, penerbangan ke Inggris dari Afrika Selatan dan lima negara Afrika selatan lainnya - Namibia, Lesotho, Botswana, Eswatini dan Zimbabwe - telah ditangguhkan hingga pukul 4 pagi pada hari Minggu

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Menargetkan Setiap Puskesmas Mempunyai Peralatan USG

Mulai Minggu dan seterusnya, pendatang baru penduduk Inggris dan Irlandia ke Inggris dari negara-negara tersebut akan diminta untuk dikarantina di hotel yang disetujui pemerintah selama 10 hari setelah mereka ditempatkan di daftar merah pada Kamis malam.

Penduduk non-Inggris Raya dan Irlandia tidak akan diizinkan masuk dari negara-negara tersebut. Dan negara-negara Uni Eropa telah sepakat untuk sementara menangguhkan perjalanan ke Afrika selatan setelah deteksi varian baru.

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer Dipecat Oleh Manchester United

Juru bicara Komisi Eropa Eric Mamer mengatakan pembatasan akan berlaku untuk enam negara yang sama yang sudah terpengaruh oleh langkah Inggris, dan juga Mozambik. Kemudian, Washington mengumumkan akan membatasi perjalanan ke AS dari tujuh negara bersama dengan Malawi.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Sky News

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Terima PM Lee di Bintan

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:58 WIB

Cina, Rusia dan Iran Latihan Perang Bersama

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:00 WIB

Pasukan Elite Inggris Dikirim Ke Ukraina

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:00 WIB

White List Media Digital Indonesia 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 05:43 WIB
X