Tentara Rusia Mulai Masuk Ke Mali Untuk Menggantikan Pasukan Prancis

LBH
- Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:00 WIB
Pasukan Rusia mulai memasuki negara Mali
Pasukan Rusia mulai memasuki negara Mali

Beritasenator.com. Penasihat militer Rusia telah tiba di Mali dalam beberapa pekan terakhir, pejabat militer Mali mengatakan Jumat, di tengah ketegangan dengan kekuatan Barat atas dugaan keterlibatan tentara bayaran Rusia di negara itu.

Seorang perwira militer Mali, yang meminta namanya tidak disebutkan, mengatakan sekitar 400 personel militer Rusia mungkin beroperasi di negara bagian Sahel, yang sedang berjuang untuk memadamkan pemberontakan Islam selama satu dekade.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Presiden Haiti Akan Diadili di AS 

Petugas lain, yang juga menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa penasihat Rusia hadir di "beberapa bagian Mali." Kehadiran Rusia akan memicu kecurigaan bahwa pemerintah Mali yang didominasi tentara telah menyewa tentara bayaran dari kelompok Wagner yang kontroversial di Rusia.

Pada akhir Desember. 15 negara Barat mengutuk pengerahan pejuang Wagner ke Mali dan menuduh Moskow, dalam sebuah pernyataan, memberi mereka dukungan material.

Baca Juga: Joe Biden Menuduh Trump Sebagai Peganggu Demokrasi AS

Tetapi pemerintah Mali membantah ada tentara bayaran yang dikerahkan ke negara itu, menambahkan bahwa "pelatih Rusia" berada di lapangan untuk meningkatkan kapasitas operasional pasukan keamanan. 

Mali adalah pusat pemberontakan jihadis yang dimulai di utara negara itu pada 2012 dan menyebar tiga tahun kemudian ke negara tetangga Niger dan Burkina Faso. 

Baca Juga: Presiden Macron dari Prancis Memaki Dengan Kata Kasar Kepada Orang Yang Tidak Mau Di Vaksin

Prancis melakukan intervensi pada tahun 2013 dan sekarang memiliki sekitar 5.000 tentara di wilayah tersebut, tetapi berencana untuk menurunkan jumlah itu menjadi 2.500-3.000 pada tahun 2023. 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: france 24

Tags

Terkini

Finlandia Ingin Segera Bergabung Dengan NATO

Jumat, 13 Mei 2022 | 09:00 WIB
X