• Minggu, 14 Agustus 2022

AS Mengirim Rudal NASAMS Ke Ukraina

LBH
- Senin, 4 Juli 2022 | 11:00 WIB
Sistem pertahanan udara NASAMS
Sistem pertahanan udara NASAMS

Beritasenator.com. Pentagon pada hari Jumat mengumumkan $820 juta dalam bantuan militer baru Ukraina yang mencakup sistem pertahanan udara jarak menengah hingga jarak jauh yang canggih dan radar kontra-artileri untuk menanggapi penggunaan serangan jarak jauh Rusia dalam perang.

Pengumuman untuk Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional, atau NASAMS, menandai dimulainya proses kontrak untuk peralatan senilai $770 juta, termasuk empat radar kontra-artileri dan hingga 150.000 butir amunisi artileri 155mm, melalui Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina.

Baca Juga: Rapinha Ingin Bermain di Barcelona Bukan Manchester City 

NASAMS, yang dikembangkan oleh Kongsberg Defense and Aerospace Norwegia serta perusahaan Amerika Raytheon Technologies, menandai pergeseran dari sistem pertahanan udara buatan Rusia, seperti S-300, yang digunakan Ukraina. AS mengoordinasikan sumbangan sistem buatan Rusia dari tetangga Ukraina, tetapi mempertahankan sistem itu diperkirakan akan semakin sulit karena invasi Rusia berlanjut. 

“Sistem ini, yang diproduksi bersama oleh Norwegia dan AS, adalah sistem NATO, jadi bagi kami penting untuk mulai membantu Ukraina mentransisikan sistem pertahanan udara mereka dari apa yang sekarang menjadi sistem tipe Soviet, untuk memperkenalkan beberapa dari ini. teknologi modern,” kata seorang pejabat senior pertahanan, Jumat.

 Baca Juga: Clint Eastwood Menang Atas Gugatan Pemakaian Brand Miliknya Untuk Produk Lain

Kontrak untuk NASAMS diharapkan akan diselesaikan dalam beberapa minggu atau bulan, dan pasukan Ukraina perlu menerima pelatihan untuk mengoperasikan sistem tersebut, kata seorang pejabat senior pertahanan.

NASAMS, yang digunakan untuk menjaga wilayah udara di atas Gedung Putih dan Pentagon, diekspor ke Hongaria dan India dalam beberapa tahun terakhir, di antara wilayah lainnya. 

Bantuan baru itu juga termasuk amunisi senilai $50 juta yang diambil dari persediaan AS untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi yang dipasok Amerika yang tiba di Ukraina minggu lalu. Pasukan Ukraina telah berhasil menggunakan sistem tersebut terhadap pos komando Rusia dan target lainnya, kata pejabat itu. 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Defense News

Tags

Terkini

Arteta Memuji Penampilan Gabriel Jesus

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:00 WIB

MU Dipukul Telak 0-4 Oleb Brentford

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Beri Waktu Kepada Erik Ten Hag Membenahi MU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Elon Musk Ingin Membangun Bandara Pribadi di Texas

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:00 WIB
X