• Kamis, 6 Oktober 2022

Persembahan Gebyok kepada Sultan Brunei Darussalam

- Jumat, 29 Juli 2022 | 04:57 WIB

Pintu Kayu Ukir Jawa Klasik “Gebyok” Khusus Dipersembahkan Kepada  Sultan Brunei Darussalam

Pintu kayu berukiran tradisional Jawa klasik yang dikenal sebagai “gebyok” terpilih sebagai hadiah khusus seluruh Duta Besar asing di Brunei Darussalam kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam. 

Persembahan hadiah diberikan pada Resepsi Kepala Perwakilan Asing di Brunei Darussalam tanggal 27 Juli 2022 di Tarindak d’Polo, Bandar Seri Begawan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

“Kami sangat bangga akhirnya bisa mempersembahkan bingkisan indah yang kaya akan perpaduan budaya nusantara ini.Meskipun selama pandemi terdapat keterbatasan pengiriman dan logistik, akhirnya kami dapat mengirimkannya ke Brunei”, kata Dr. Sujatmiko, Duta Besar Indonesia sebagai Ketua Sub Panitia Hadiah Tahun 2021-2022.

“Hadiah ini telah disiapkan sejak 2021 untuk dipersembahkan pada HUT ke-75 Sultan, namun karena pandemi kegiatan penyerahan ditunda sampai dengan tahun ini”, tambahnya.

Resepsi peringatan HUT Sultan bersama para Duta Besar asing merupakan kegiatan rutin tahunan dengan hadiah yang dipersiapkan secara bergiliran dari setiap kawasan. Untuk kali ini, para Dubes kawasan Asia Tenggara didapuk memilih hadiah untuk Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dan setelah berbagai pertimbangan, terpilihlah gebyok usulan dari Dubes RI.

Selain untuk memperkenalkan keindahan gebyok beserta filosofinya, persembahan karya ukiran ini diharapkan juga akan mempromosikan produk kerajinan Indonesia berkualitas tinggi kepada warga Brunei.

Dibuat oleh perajin dari Jepara selama kurang lebih dua bulan, gebyok ini terbuat dari kayu jati solid berdimensi panjang 3 meter dan tinggi 2,7 meter. Pada bagian atas gebyok terdapat lambang Sultan Haji Hassanal Bolkiah, sementara pada kerangka intinya terdapat ukiran kaligrafi Arab dua kalimat Syahadat serta Lafzhul Jalaalah (Allah) dan nama “Muhammad” di kedua sisinya.

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Harry Maguire Akan Bangkit Ke Performa Semula

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:03 WIB

Aliansi Jurnalis Independen: Puluhan Kru Narasi Diretas!

Kamis, 29 September 2022 | 10:31 WIB

Korlantas Polri Menyiapkan Pengamanan KTT G20

Rabu, 28 September 2022 | 14:00 WIB

Mahsa Amini Tewas Diduga Mengalami Penyiksaan dan Dihina

Senin, 26 September 2022 | 09:00 WIB
X