• Kamis, 6 Oktober 2022

Bagaimana Cara CIA Melacak dan Menemukan Pemimpin Al Qaeda Al Zawahri (2)

LBH
- Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Komentar kepala CIA kemudian dibantah oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, yang mengklaim pada hari Kamis bahwa pemimpin Rusia itu dalam keadaan sehat
Komentar kepala CIA kemudian dibantah oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, yang mengklaim pada hari Kamis bahwa pemimpin Rusia itu dalam keadaan sehat

Beritasenator.com. Selama bertahun-tahun al-Zawahri dianggap bersembunyi di daerah perbatasan Pakistan, di mana banyak pemimpin Qaeda dan Taliban berlindung setelah invasi AS ke Afghanistan pada akhir 2001.

Dia dicari sehubungan dengan pemboman kedutaan tahun 1998 di Tanzania dan Kenya, dan C.I.A. telah melacak jaringan orang-orang yang menurut pejabat intelijen mendukungnya. Pemeriksaan jaringan itu semakin intensif dengan keluarnya AS dari Afghanistan tahun lalu dan keyakinan di antara beberapa pejabat intelijen bahwa para pemimpin senior Al Qaeda akan tergoda untuk kembali. 

Baca Juga: AL AS Uji Coba Senjata Baru Untuk Menghadapi Militer China

Selama bertahun-tahun al-Zawahri dianggap bersembunyi di daerah perbatasan Pakistan, di mana banyak pemimpin Qaeda dan Taliban berlindung setelah invasi AS ke Afghanistan pada akhir 2001. Dia dicari sehubungan dengan pemboman kedutaan tahun 1998 di Tanzania dan Kenya, dan C.I.A. telah melacak jaringan orang-orang yang menurut pejabat intelijen mendukungnya.

Pemeriksaan jaringan itu semakin intensif dengan keluarnya AS dari Afghanistan tahun lalu dan keyakinan di antara beberapa pejabat intelijen bahwa para pemimpin senior Al Qaeda akan tergoda untuk kembali.

 

Firasat itu terbukti benar. Agensi menemukan bahwa keluarga al-Zawahri telah kembali ke rumah persembunyian di Kabul. Meskipun keluarga berusaha memastikan mereka tidak diawasi dan merahasiakan lokasi al-Zawahri, badan intelijen segera mengetahui bahwa dia juga telah kembali ke Afghanistan.

"Ada upaya baru untuk mencari tahu di mana dia berada," kata Mick Mulroy, mantan C.I.A. petugas. “Satu hal baik yang mungkin keluar dari penarikan dari Afghanistan adalah bahwa tokoh teroris tingkat tinggi tertentu kemudian akan berpikir aman bagi mereka untuk berada di sana.”

Baca Juga: Pemerintah Akan Meningkatkan Produksi Jagung Nasional 

Rumah persembunyian itu dimiliki oleh seorang ajudan pejabat senior di jaringan Haqqani, sayap keras pemerintah Taliban, dan berada di daerah yang dikendalikan oleh kelompok itu. Para pemimpin senior Taliban kadang-kadang bertemu di rumah itu, tetapi para pejabat Amerika tidak tahu berapa banyak yang tahu bahwa Haqqani menyembunyikan al-Zawahri.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: New York Times

Terkini

Harry Maguire Akan Bangkit Ke Performa Semula

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:03 WIB

Aliansi Jurnalis Independen: Puluhan Kru Narasi Diretas!

Kamis, 29 September 2022 | 10:31 WIB

Korlantas Polri Menyiapkan Pengamanan KTT G20

Rabu, 28 September 2022 | 14:00 WIB

Mahsa Amini Tewas Diduga Mengalami Penyiksaan dan Dihina

Senin, 26 September 2022 | 09:00 WIB
X