9 dari 10 Negara Alami Kemunduran Pembangunan Manusia, laporan UNDP Memperingatkan

- Jumat, 3 Februari 2023 | 18:34 WIB

 

 

Dunia harus bangkit dari kelumpuhan globalnya untuk mengamankan masa depan manusia dan planet ini dengan merancang ulang arah pembangunannya

 

Lebih dari 90 persen negara mencatat penurunan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk tahun 2020 atau 2021, dan lebih dari 40 persen mengalami penurunan di kedua tahun tersebut.

Menandakan bahwa krisis semakin parah untuk banyak negara di dunia, menurut Laporan Pembangunan Manusia terbaru dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP).

Berjudul, “Uncertain Times, Unsettled Lives: Shaping our Future in a Transforming World”, laporan tersebut berpendapat bahwa lapisan ketidakpastian menumpuk dan berinteraksi.

Untuk menimbulkan gejolak pada kehidupan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dua tahun terakhir telah berdampak buruk bagi miliaran orang di seluruh dunia, ketika krisis seperti COVID-19 dan perang di Ukraina terjadi secara berurutan, dan berinteraksi dengan pergeseran sosial dan ekonomi yang luas, perubahan iklim, dan peningkatan polarisasi secara besar-besaran.

Temuan laporan tersebut dibahas hari ini (Rabu/1 Februari) dalam dialog kebijakan berjudul Renewed Challenges, Exploring Solutions.

Yang menampilkan pembicara dari berbagai profesi termasuk Yanuar Nugroho, Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs, Dr. Riatu Mariatul Qibthiyyah, Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia, Devi Asmarani, Co-Founder Magdalene.co dan Butong Idar, seniman dari Jogja Disability Arts.

Diadakan di ruang pameran seni di Jakarta, acara tersebut membahas tema-tema utama Laporan Pembangunan Manusia dengan latar belakang karya seni yang mewakili ketidakpastian umum dan permasalahan kontemporer.

Dialog kebijakan mengeksplorasi isi laporan yang memberikan ukuran pencapaian negara dalam dimensi dasar kesehatan, pendapatan dan pendidikan. Laporan tersebut juga menampilkan peringkat terbaru dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau HDI.

Yang merupakan indeks gabungan indikator harapan hidup, pendidikan dan pendapatan per kapita yang digunakan untuk memeringkat negara ke dalam empat tingkatan pembangunan manusia.

Untuk pertama kalinya dalam 32 tahun, IPM yang mengukur tingkat kesehatan, pendidikan, dan taraf hidup di suatu negara, telah menurun secara global selama dua tahun berturut-turut.

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

X