• Selasa, 5 Juli 2022

Akankah Makam Al Ghazali Dipugar?

LBH
- Selasa, 26 April 2022 | 13:00 WIB
Makam Al Ghazali akankah dipugar?
Makam Al Ghazali akankah dipugar?

Beritasenator.com. 15 tahun setelah tempat pemakamannya ditemukan. Hanya sedikit upaya yang telah dilakukan untuk memulihkan (renovasi) atau memeliharanya.

Pada pertengahan tahun 2007, penggalian yang dilakukan oleh penduduk lokal di tanah tandus yang berfungsi sebagai padang rumput untuk ternak telah mengungkap salah satu harta terbesar dunia Muslim, makam Al Ghazali yang hilang, seorang cendikiawan Muslim yang secara luas diakui sebagai salah satu paling terpelajar yang pernah hidup.

Baca Juga: (INFO MUDIK) Persiapan Polri Mengantisipasi Arus Mudik Lebaran 2022 

Penemuan makamnya di kota bersejarah Tus hanya 24 km dari kota terpadat kedua di Iran, Mashhad. Telah mengistirahatkan bertahun-tahun pencarian tempat peristirahatan terakhir orang yang telah menantang sudut pandang Aristotelian tentang penciptaan dunia dan bahkan diberi gelar kehormatan Hujjat al Islam (Bukti Islam).

Tetapi 15 tahun setelah makam itu ditemukan, makam itu masih menunggu renovasi dan restorasi, bahkan ketika unsur-unsurnya menggerogoti fondasinya. Atas segala pencapaiannya semasa hidupnya, makam Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad Al Ghazali yang wafat pada usia 53 tahun pada tahun 1111 M masih menunggu kemuliaan dan penghormatan yang layak.

Baca Juga: Kakorlantas Mengatakan Jalur Jawa Barat Kunci Keberhasilan Arus Mudik ke Jawa Tengah 

Ada cerita menarik tentang penemuan makam tersebut. Penduduk setempat, meskipun bukan ahli, mengetahui sejarah Tus, tempat penyair besar Persia Ferdowsi pernah tinggal dan menyusun karyanya yang paling terkenal Shahnameh. Penasaran dengan gundukan di tanah penggembalaan, penduduk yang penasaran dikatakan telah menggali di bagian atas dan menemukan tanda-tanda struktur tua.

Dia dilaporkan memberi tahu pihak berwenang setempat, yang mengirim tim untuk memeriksa lokasi. Tim inilah yang pertama kali menemukan fondasi cungkup di makam Al Ghazali, yang bertumpu di atas tanah wakaf yang sekarang dikelola oleh Astan Quds Razavi, yayasan terbesar Iran. 

Baca Juga: Kunjungan Wapres RI Ke AAU

Selama berabad-abad, lokasi persis makam Al Ghazali telah menjadi bahan dugaan dan perdebatan di kalangan ulama dan pakar Islam. Beberapa makam lain sebelumnya telah menarik minat tetapi kemudian ditemukan hanya sebagai peringatan. Misalnya, salah satunya terletak hanya beberapa kilometer dari makam yang ditemukan, di halaman sebuah madrasah bernama Haruniyya, yang diyakini dibangun oleh khalifah Abbasiyah Harun al Rasyid. 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: TRT World

Tags

Terkini

Pemerintah Mendapat WTP 2021 Oleh BPK

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:30 WIB

Presiden RI Joko Widodo Mencoba Mobil Listrik

Kamis, 9 Juni 2022 | 14:00 WIB
X