• Kamis, 6 Oktober 2022

Presiden RI Joko Widodo Menerima Kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta

LBH
- Rabu, 20 Juli 2022 | 10:00 WIB
Presiden Joko Widodo ketika menerima kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta
Presiden Joko Widodo ketika menerima kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta

Beritasenator.com. Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta, mengadakan pertemuan bilateral yang membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 19 Juli 2022. Dalam pertemuan tersebut, komitmen penguatan kerja sama ekonomi antara kedua negara menjadi fokus pembahasan.

Dalam pernyataan pers bersama selepas pertemuan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan lima poin yang menjadi pembahasan antara kedua negara. Pertama, kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

Baca Juga: Pesawat Kargo Yunani Membawa Amunisi Untuk Bangladesh Jatuh Terbakar

“Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ujar Presiden Jokowi.

Kedua, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Horta juga bersepakat untuk memperkuat konektivitas, baik di darat maupun di laut. Untuk jalur darat, Presiden Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan. “Untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin,” imbuhnya.

Ketiga, kedua pemimpin juga bersepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan. Presiden Jokowi berharap pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan dapat selesai pada tahun ini. “Saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali,” lanjutnya.

Baca Juga: Amerika Serikat Dihajar Inflasi Yang Tinggi

Keempat, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Kelima, Presiden Jokowi mendorong kedua negara dapat segera menyelesaikan bilateral investment treaty. Menurutnya, nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai USD818 juta, terutama di sektor perbankan, migas, dan telekomunikasi.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: presidenri.go.id

Terkini

Indonesia Tetap Menjadi Tujuan Investasi Dunia

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:00 WIB

Presiden Akan Mengecek Penyebab Turunnya Harga Kopra

Kamis, 29 September 2022 | 11:00 WIB

Presiden Joko Widodo Melarang Eksport Aspal Dari Buton

Rabu, 28 September 2022 | 15:00 WIB

Bawaslu Bertemu Dengan Presiden Joko Widodo

Jumat, 23 September 2022 | 13:00 WIB

Agenda Kerja Presiden Joko Widodo di Papua

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:00 WIB
X