• Minggu, 5 Februari 2023

M. Guntur Hamzah Dilantik Sebagai Hakim Konstitusi Oleh Presiden

LBH
- Kamis, 24 November 2022 | 15:40 WIB
M. Guntur Hamzah setelah dilantik sebagai hakim konstitusi (Foto: BPMI Setpres/Lukas)
M. Guntur Hamzah setelah dilantik sebagai hakim konstitusi (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Beritasenator.com. Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi M. Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022.

Pengangkatan Guntur sebagai hakim konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 114/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Baca Juga: Berdasarkan Data Per Selasa 21 November Korban Gempa Cianjur Mencapai 268 Jiwa

“Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Guntur Hamzah mengucapkan penggalan sumpah jabatannya.

Baca Juga: Turkiye Menghantam 89 Target PKK YPG Dalam Operasi Militer Balas Dendam

Guntur yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Januari 1965, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, Guntur juga sempat menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengkajian Perkara, Pengelolaan Teknologi Informasi, dan Komunikasi MK sebelum menjabat sebagai Sekjen MK.

Pelaksanaan pengucapan sumpah ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh para tamu undangan terbatas yang hadir.

Dalam keterangannya usai pengucapan sumpah, Guntur meminta doa kepada masyarakat agar ia dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik. “Mohon doakan semoga saya bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Guntur.

Baca Juga: Dag Dig Der Apakah Harry Kane Cedera Parah Sehingga Absen Disisa Pertandingan

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: presidenri.go.id

Terkini

Bendungan Sadawarna Diresmikan Presiden Joko Widodo

Rabu, 28 Desember 2022 | 17:50 WIB
X