• Selasa, 5 Juli 2022

Pasukan Ukraina Berhasil Merebut Kota Kharkiv Dari Tangan Rusia

LBH
- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:00 WIB
This picture shows Russian infantry mobility vehicles GAZ Tigr destroyed as a result of fight in Kharkiv, located some 50 km from Ukrainian-Russian border, on February 28, 2022. (Photo by Sergey BOBOK / AFP) (SERGEY BOBOK)
This picture shows Russian infantry mobility vehicles GAZ Tigr destroyed as a result of fight in Kharkiv, located some 50 km from Ukrainian-Russian border, on February 28, 2022. (Photo by Sergey BOBOK / AFP) (SERGEY BOBOK)

Beritasenator.com. Sebuah Video tanpa edit  menunjukkan 12 tentara tersenyum merunduk ke dalam tembakan di sekitar penanda kuning dan biru dan mengacungkan jempol.

“Kami telah berhasil. Kami di sini, Tuan Presiden,” kata salah satu tentara dalam video itu, berbicara kepada pemimpin Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Video yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan Ukraina pada hari Minggu kemungkinan merupakan bukti dari sesuatu yang pernah dianggap tidak terpikirkan: pasukan Rusia sedang didorong kembali ke perbatasan mereka, jika tidak melewatinya.

Baca Juga: Finlandia Ingin Bergabung NATO. Rusia Bereaksi Keras Kepada Negara Itu 

Sementara NBC News tidak dapat mengkonfirmasi di mana dan kapan video itu diambil, para pejabat Ukraina mengatakan itu menunjukkan pasukan pertahanan teritorial yang baru-baru ini mencapai perbatasan dekat kota Kharkiv yang dibom berat.

Seorang pejabat pertahanan A.S. pada hari Senin mengkonfirmasi bahwa Ukraina telah menguasai kota itu, mendorong Rusia ke dalam beberapa mil dari perbatasan. Kemajuan seperti itu di sisi barat Rusia tidak akan pernah terpikirkan hanya beberapa minggu yang lalu.

Tetapi dengan bantuan militer Barat yang mengalir ke Ukraina dan pasukan Rusia terhambat oleh moral yang rendah dan tantangan logistik, ini adalah yang terbaru dari serangkaian kemunduran bagi Moskow dan indikasi bahwa perang masih belum berjalan sesuai keinginan Presiden Vladimir Putin. 

Baca Juga: Jurgen Klopp Mengatakan Mo Salah dan Van Dijk Tidak Mengalami Cedera Serius

"Teman-teman, Kharkiv," kata Zelenskyy kepada pasukan di akun Instagram-nya tak lama setelah video tentara yang berpose di sekitar penanda perbatasan dirilis. “Saya mengirimi Anda terima kasih dari semua orang Ukraina.

Rasa terima kasih saya tidak mengenal batas.” NBC News menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Senin tentang video orang Ukraina mencapai perbatasan tetapi belum mendapat kabar.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: NBC News

Tags

Terkini

Franck Kessie Bergabung Dengan Barcelona

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:00 WIB

Tips Cuci Sepatu Putih, repost Majalah MATRA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 04:09 WIB

Hotel Bintang Lima Terbang Futuristis, Klik Ini

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:10 WIB

Keseruan Satgas Rimpac TNI AL di Samudra Pasifik

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:28 WIB

Pembukaan Piala KSAD Untuk Liga Santri

Selasa, 21 Juni 2022 | 16:00 WIB

Mengejutkan Portugal Takluk Dari Swiss 0-1

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:00 WIB
X