• Kamis, 6 Oktober 2022

Jaya Suprana Terpana Rekor Silatnas PPAD, Catatan Egy Massadiah

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:35 WIB

 

Beritasenator.com -- Jaya Suprana terpana mendengarkan arahan orasi Wakil Presiden ke-6, Jenderal TNI Purn Try Sutrisno, pada moment Silaturahmi Nasional (Silatnas) PPAD di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jumat (5/8/2022) yang dibuka Bapak Presiden RI Joko Widodo.

“Dalam usia 85 tahun, pak Try begitu lancar menyampaikan larik sejarah kebangsaan kita dengan sangat bijaksana. Hari ini saya mendapat pelajaran sejarah kebangsaan yang tidak saya dapatkan di bangku sekolah mana pun, di UI maupun di Jerman,” ujar Jaya yang lulusan Folkwanghochschule Essen, Jerman, itu.

Siang itu CEO dan Penggagas Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) tersebut tampil memungkasi acara dengan pakaian khasnya, baju hitam gombrang dengan sarungan.

Jaya menyatakan kekaguman yang luar biasa menyaksikan ajang Silatnas PPAD. “Karena itulah, event yang diprakarsai ‘bapak sagu’ kita ini, berhak kami anugerahi penghargaan Rekor MURI,” ujar Jaya sambil menunjuk Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI Purn DR HC Doni Monardo, yang duduk tepat di depan podium.

Pria kelahiran Denpasar, Bali, 27 Januari 1949 itu lantas menyebutkan, bahwa penghargaan MURI diberikan melalui sebuah riset yang cermat dan akurat, sehingga penerimanya memang benar-benar layak dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya sudah mengecek ke institusi purnawirawan angkatan darat China, Amerika, bahkan Rusia. Belum pernah ada pertemuan purnawirawan Angkatan Darat dengan jumlah peserta mencapai sepuluh ribu, seperti yang kita saksikan hari ini,” ujar Jaya Suprana.

Penasbihan Doni Monardo sebagai “bapak sagu” oleh Jaya Suprana, menggenapi julukan “jenderal pohon” yang sudah melekat pada sosok Danjen Kopassus 2014 – 2015 itu. Di luar itu, Doni adalah satu-satunya tokoh TNI yang mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dari IPB University, Maret 2021.

Anugerah Rekor MURI atas prestasi peserta silaturahmi purnawirawan Angkatan Darat terbesar di dunia itu, diharapkan lebih memotivasi semua purnawirawan -- tidak hanya TNI-AD -- lebih bersemangat dalam mengabdi kepada nusa-bangsa pasca tidak lagi aktif sebagai prajurit. Tekad Doni Monardo mencetak para purnawirawan menjadi seorang entrepreneur.

Halaman:

Editor: Jojo

Artikel Terkait

Terkini

Nikmatilah Apa Adanya, Jangan Ada Apanya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 01:47 WIB

Jokowi: Tahun Depan Akan Gelap. Ini bukan Indonesia

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 03:28 WIB
X