• Kamis, 6 Oktober 2022

Pfizer Yang Terbaru Mempunyai Kandungan Potasium Klorida Yang Membahayakan Jantung, MISLEADING CONTENT

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 04:36 WIB

[SALAH] Pfizer yang terbaru mempunyai kandungan potasium klorida yang membahayakan jantung

Sumber: Twitter.com
Tanggal publish: 10/08/2022

BERITA

Beredar sebuah postingan oleh akun Twitter @Watsa_1981, pada 3 Agustus 2022. Postingan tersebut menyebutkan bahwa Pfizer yg terbaru mempunyai kandungan potasium klorida yang membahayakan jantung serta digunakan untuk eksekusi tahanan terpidana mati, dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Pfizer yg terbaru mempunyai kandungan potasium klorida. Senyawa ini yg sangat membahayakan jantung,dan biasanya di gunakan untuk euthanasia bagi tahanan terpidana mati. Artinya vaksin untuk eksekusi terpidana mati.

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, kandungan potasium atau kalium yang membahayakan jantung pada vaksin produksei Pfizer adalah tidak benar.

Dilansir dari reuters.com, vaksin Pfizer COVID-19 mencantumkan kalium klorida dalam bahan-bahannya, bersama dengan kalium dihidrogen fosfat, tetapi zat ini hadir dalam dosis yang sangat kecil.

“Vaksin ini mengandung potasium, kurang dari 1 mmol (39 mg) per dosis, yaitu pada dasarnya bebas potasium”.

Dilansir dari hellosehat.com, kandungan potasium atau kalium memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Kalium merupakan mineral yang membantu membawa sinyal elektrik ke sel di dalam tubuh. Mineral ini berperan penting terhadap fungsi sel saraf dan otot.

Dengan demikian, kandungan potasium atau kalium yang membahayakan jantung pada vaksin produksi Pfizer adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Vaksin Pfizer memang memiliki kandungan potasium klorida, namun jumlahnya sangat sedikit dan terbukti aman secara klinis, sehingga tidak menyebabkan kematian dan membahayakan jantung.

RUJUKAN

Editor: Jojo

Tags

Terkini

Nikmatilah Apa Adanya, Jangan Ada Apanya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 01:47 WIB

Jokowi: Tahun Depan Akan Gelap. Ini bukan Indonesia

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 03:28 WIB
X