• Selasa, 29 November 2022

Mengenang Mas Pardi, Bapak Ilmu Pelayaran, Pendiri TNI AL dan KASAL Pertama

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:03 WIB

KENANG JASA MAS PARDI, BAPAK ILMU PELAYARAN, PENDIRI TNI AL DAN KASAL PERTAMA

Tak banyak orang yang mengetahui mengenai sosok dan jasa Laksamana Muda TNI (purn) Mas Pardi atau yang lebih dikenal dengan M. Pardi, merupakan tokoh penting TNI Angkatan Laut (TNI AL).

M. Pardi adalah pendiri dan sekaligus pemimpin dari BKR Laut pusat, yang merupakan cikal bakal dari TNI AL. M. Pardi merupakan orang pertama yang menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan juga dijuluki sebagai Bapak Ilmu Pelayaran Indonesia.

Oleh karena itu Tim Ekspedisi Maritim 2022 kembali jelajahi kejayaan maritim di kota Semarang pada Selasa (27/09) lalu, dimana kota tersebut memiliki nilai sejarah sangat tinggi.

M Pardi juga dikenal sebagai tokoh yang mendirikan Sekolah Pelayaran Semarang atau Sekolah Pelayaran Menengah Semarang (SPS/SPM) yang merupakan cikal bakal PIP Semarang.

Kepeloporan Mas Pardi terutama dalam pengembangan pendidikan pelaut Indonesia era modern, Itu tidak berlebihan karena Mas Pardi adalah pendiri Sekolah Pelayaran Semarang dan Akademi Ilmu Pelayaran Jakarta.

Lain itu, dia juga punya andil dalam pendirian Akademi Angkatan Laut Indonesia. M. Pardi juga banyak mendirikan sekolah-sekolah maritim dan telah banyak membuat buku tentang navigasi yang masih digunakan hingga saat ini.

Sosok M. Pardi sebagai orang Jawa yang sederhana, namun dikenal cerdas, tegas dan mau bekerja keras ini tampak sangat mirip dengan sosok Kasal saat ini yaitu Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana Yudo terkenal sebagai pribadi yang sederhana baik dalam penampilan maupun dalam kehidupan sehari-hari, ketegasannya dalam memimpin TNI AL, dan suka kerja keras menjadi salah satu kebiasaan Laksamana Yudo yang tumbuh sejak dulu sebagai ciri khas anak desa.

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Australia Membuka Mimpi Bisa Lolos Ke 16 Besar

Minggu, 27 November 2022 | 12:25 WIB

Kuliner dan Informasi Kehidupan

Minggu, 27 November 2022 | 03:57 WIB

Elon Musk Ingin Beli Boyband BTS, Manipulated Content

Sabtu, 26 November 2022 | 04:51 WIB

Lihatlah Pergeseran Tanah Saat Gempa Di Cianjur, Hoax

Jumat, 25 November 2022 | 05:42 WIB

Mapolres Cianjur Digunakan Sebagai Tempat Pengungsian

Selasa, 22 November 2022 | 15:40 WIB
X