• Minggu, 5 Februari 2023

Elon Musk Ingin Beli Boyband BTS, Manipulated Content

- Sabtu, 26 November 2022 | 04:51 WIB

[SALAH] Elon Musk Ingin Beli Boyband BTS

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan Elon Musk ingin membeli boyband BTS karena kepopulerannya, dalam video tersebut Elon Musk menanyakan pendapatnya kepada Army yang merupakan sebutan bagi penggemar BTS.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital termasuk gerakan mulutnya.

Dilansir dari kompas.com, video tersebut direkayasa dari video wawancara Elon Musk dengan klub Tesla Owners Silicon Valley, hasil penelusuran tidak ditemukan Elon Musk berbicara seperti dalam video tersebut.

Diketahui kita bisa mendapatkan suara Elon Musk berbicara apa pun yang kita inginkan dengan bantuan AI melalui beberapa aplikasi AI seperti Overdub atau elontalks.com.

Video Elon Musk berbicara ingin membeli BTS tersebut pertama kali dipublikasi oleh akun TikTok @become.some pada November 2021 tahun lalu.

Setelah ditelusuri akun TikTok @become.some sering membagikan konten orang-orang terkenal yang berbicara tidak sesuai dengan video aslinya,

Kemudian pada bio akun TikTok tersebut ia mempromosikan sebuah aplikasi gratis yang bisa membuat selebriti siapa pun bisa mengatakan apa pun.

Aplikasi tersebut adalah Overdub, ini berarti semua video konten yang ia bagikan tersebut dibuat melalui aplikasi Overdub.

Dengan demikian, Elon Musk ingin beli BTS merupakan hoax dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

Faktanya video yang menunjukkan Elon Musk menyatakan akan membeli boyband BTS merupakan hasil rekayasa digital dan suara dapat dimanipulasi dengan AI melalui beberapa perangkat lunak seperti Overdub atau elontalks.com

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Ekskalasi Konsekuensi , repost Majalah MATRA

Kamis, 2 Februari 2023 | 05:11 WIB
X