• Minggu, 24 Oktober 2021

Surat Presiden (Supres) Calon Panglima TNI Dikirim Ke DPR, Apa Kaitannya Dengan 5 Oktober?

- Senin, 20 September 2021 | 16:32 WIB
Hanya Jokowi dan Tuhan Yang Tahu, Calon Panglima TNI
Hanya Jokowi dan Tuhan Yang Tahu, Calon Panglima TNI

Peristiwa 5 Oktober: Lahirnya Tentara Nasional Indonesia

Menanggapi pernyataan Public Watch Integrity (PWI) yang menyebut Panglima TNI pilihan Jokowi akan diserahkan ke DPR di akhir bulan September atau Oktober, yang sama-sama berakhiran Ber.

"Siapapun pilihan Presiden, pasti Panglima TNI baru adalah yang Terbaik untuk Lindungi Rakyat," ujar Asri Hadi, dalam hal ini mengutip rilis PWI.

Pilihan Panglima TNI adalah hak prerogatif presiden, dengan mempertimbangkan sejumlah tantangan dan kondisi yang memerlukan peran besar TNI, seperti penanganan Covid-19, pengendalian kemanan di Papua dan juga ancaman dari militer asing.

“Sepertinya, Surat Presiden (Supres) terkait calon Panglima TNI akan dikirim dalam waktu dekat ke DPR, mengingat lembaga legislatif ini akan memasuki masa reses pada 7 Oktober 2021," tutur Asri Hadi tentang sosok pengganti, Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan berakhir pada 8 November 2021.

Asri Hadi menyebut teorinya, sesuai UU, DPR akan menyampaikan persetujuan paling lambat 20 hari setelah Supres diterima. "Nah, apakah sebelum atau sesudah 5 Oktober, sepertinya sih sebelum HUT TNI," ujar Asri Hadi.

Sikap DPR dalam persetujuan calon Panglima TNI nantinya akan didasarkan pada kepentingan organisasi TNI dan kepentingan rakyat secara luas. Politik TNI adalah politik negara.

"Pak Jokowi sudah memilih Panglima TNI atas petunjuk," kata Asri Hadi, dosen yang juga Pemimpin redaksi online Jokowi dan HealthNews ini. 

Bendahara dari Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) ini, berharap analisa-analisa para pengamat, atau manufer dari anggota DPR yang bilang ini dan itu, dipendam saja.

"Publik sabar saja, Presiden selaku kepala negara sudah punya calon dan sedang menunggu petunjuk dari Allah yang Maha Kuasa, kapan diumumkan dan agar pilihannya, adalah yang terbaik untuk bangsa ini," kata Asri Hadi.

Halaman:

Editor: Jojo

Tags

Terkini

Tentang HarianKami.com

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Menpora Membentuk Tim Khusus Untuk Menangani WADA

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Buwas Buka-Bukaan Alasan Penyebab Kerugian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Pemuda Yang Akan Menjadi Agen Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Festival Iklim 2021 Mengantisipasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X