• Minggu, 24 Oktober 2021

WNI dan WNA dari Luar Negeri Tetap Harus Menjalani Isolasi Selama 8 Hari

LBH
- Senin, 20 September 2021 | 22:18 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat terbatas pelaksanaan PPKM Levelling, Senin, 20 September 2021. (Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat terbatas pelaksanaan PPKM Levelling, Senin, 20 September 2021. (Kemenko Perekonomian)

Beritasenator.com. PPKM yang dijalankan oleh pemerintah telah membuahkan hasil menggembirakan semakin banyak kabupaten/kota yang mengalami penurunan Level dari sebelumnya.  Tentang kondisi PPKM di wilayah luar Jawa dan Bali, Menko Perekonomian mengungkapkan bahwa selama 2 minggu mulai dari 4 September hingga 18 September 2021 telah mengalami penurunan tingkat asesmen. Dari evaluasi itu, sebanyak 15 kabupaten/kota turun dari level 4 ke level 3 dan 7 kabupaten atau kota turun dari level 3 ke level 2. “Hanya 1 kabupaten yang masih tetap di level 4,” sebut Menko Airlangga.

Kendati kondisi Pandemi Covid-19 sudah mulai terkendali, Menko Luhut dan Menko Airlangga kompak mengingatkan bahwa resiko naiknya kasus Covid-19 masih ada. Ini dapat terjadi, karena adanya negara tetangga di sekitar Indonesia yang masih memiliki angka kasus konfirmasi yang tinggi.

 

“Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Salah satu risiko berasal dari Luar Negeri, terutama melihat masih tingginya kasus Covid-19 di negara-negara tetangga. Kita tidak ingin lagi kecolongan lolosnya varian baru, seperti varian Mu dan Lambda , masuk ke Indonesia,” tutur Menko Luhut.

 

Senada dengan Menko Luhut, Menko Airlangga juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo untuk terus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ada, terutama terkait potensi gelombang ketiga pandemi yang bisa masuk dari pintu perbatasan kita, yaitu udara, laut, dan darat.

 

Mencegah hal ini terjadi, pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional ke Indonesia dan memperketat proses karantina bagi warga negara asing maupun warga negara Indonesia yang datang dari LN. “Khusus untuk pintu masuk udara hanya dibuka di Jakarta dan Manado, untuk laut hanya di Batam dan Tanjung Pinang dan untuk jalur darat hanya dibuka di Aruk, Entikong, Nunukan dan Motaain,” beber Menko Luhut.

 

Selain itu, lanjutnya, proses karantina bagi WNA dan WNI dari luar negeri juga dijalankan dengan ketat tanpa terkecuali dengan waktu karantina 8 hari dan melakukan PCR sebanyak 3 kali. Hal lainnya adalah meningkatkan kapasitas karantina dan testing, terutama di pintu masuk darat dengan bantuan dari TNI dan Polri yang bekerja sama dari waktu ke waktu.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Tags

Terkini

Tentang HarianKami.com

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Menpora Membentuk Tim Khusus Untuk Menangani WADA

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Buwas Buka-Bukaan Alasan Penyebab Kerugian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Pemuda Yang Akan Menjadi Agen Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Festival Iklim 2021 Mengantisipasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X