• Minggu, 24 Oktober 2021

Diskusi Tentang Hutan Mangrove Dalam Dunia Literasi

LBH
- Selasa, 21 September 2021 | 07:12 WIB
hutan mangrove (jateng prov)
hutan mangrove (jateng prov)

Beritasenator.com. Hutan mangrove sangat penting bagi kehidupan pesisir selain untuk mencegah abrasi dan banjir karena rob. Perlu juga adanya kesadaran akan dunia literasi mengenai hutan mangrove.

Bakau memiliki peranan penting bagi segala aspek kehidupan masyarakat, tidak hanya bagi masyarakat pesisir tetapi bagi seluruh rakyat Indonesia secara keseluruhan,” buka Sahat M. Panggabean, selaku Ketua Indonesian Mangrove Society.

 

Menurutnya, rehabilitasi mangrove kini harus terus dikawal oleh Pemerintah, yang melibatkan pengelolaan masyarakat. Strategi percepatan rehabilitasi mangrove dan pemanfaatannya pun akan terus didorong dan mengharapkan setiap lapisan masyarakat untuk berpartisipasi di dalamnya. Ia juga memperkenalkan Masyarakat Mangrove Indonesia sebagai bagian dari percepatan rehabilitasi.

 

Hal itu disampaikan saat  Pekan Literasi Maritim 2021, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Indonesian Mangrove Society mengadakan Sharing Session bertemakan Literasi Bakau Nusantara yang diselenggarakan secara daring pada Senin, (20-09-2021).

“Masyarakat mangrove Indonesia merupakan sekelompok orang yang mau membaktikan dirinya untuk melihat perkembangan rehabilitasi mangrove Indonesia,” pungkasnya. Tidak hanya sebagai watchdog, komunitas ini mengajak semua pemangku kepentingan untuk mempercepat rehabilitasi mangrove Indonesia secara keseluruhan.

 

Ketua Komunitas Akar Bakau Yudi Senga mengatakan, dirinya melihat di lapangan secara langsung bahwa mangrove di Bangka Belitung banyak sekali yang dirusak karena manfaatnya belum benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Tags

Terkini

Tentang HarianKami.com

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Menpora Membentuk Tim Khusus Untuk Menangani WADA

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Buwas Buka-Bukaan Alasan Penyebab Kerugian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Pemuda Yang Akan Menjadi Agen Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Festival Iklim 2021 Mengantisipasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X