• Minggu, 24 Oktober 2021

Perusak Hutan Mangrove Harus Dilakukan Penegakan Hukum

LBH
- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Ilustrasi hutan mangrove
Ilustrasi hutan mangrove

Beritasenator.com. Saat Persemian peta Mangrove ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono melancurkan Peta Mangrove Nasional yang berlangsung di TWA Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (13-10-2021).

 Baca Juga: Vaksin Zifivax dari China Disetujui BPOM Untuk Digunakan Di Indonesia

Menko Marves Luhut B Panjaitan mengatakan, “Pada kesempatan kali ini saya ingin menggarisbawahi tentang pentingnya One Map Mangrove sebagai basis data aksi rehabilitasi mangrove dan diharapkan mampu menghasilkan informasi geo-spasial secara akurat dan akuntabel,” ungkapnya.

KLHK sebagai walidata, kata Menko Luhut, mangrove menjadi tumpuan bagi pemutakhiran pendataan ini untuk menjadi referensi bagi Kementerian Lembaga (K/L) lainnya di nasional. Meskipun demikian, ia tetap menyadari betapa sulit melakukan pemutakhiran one map mangrove agar kredibel dimata pengguna jasa.

 Baca Juga: Menko Marves Ingin Kajian Untuk Daya Guna Solar Panel dan Arus Air Jadi Listrik di Tual

“Puji syukur akhirnya pemutakhiran data one map mangrove dapat diselesaikan tepat waktu dan kita menunggu-nunggu pemutakhiran ini dengan antusiasme yang tinggi,” tuturnya.

 

Ia menyampaikan dengan pesatnya pembangunan di wilayah pesisir, tidak sedikit ditemukan adanya pengalihan pemanfaatan lahan yang menurut Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K), seharusnya sabuk hijau sudah berganti menjadi lahan-lahan tambak atau perikanan budidaya.

 Baca Juga: PDI-P Tetap Mengajukan Hak Interpelasi Masalah Formula E Ini

Adanya penebangan liar, dinilai akan mengikis habis mangrove yang seharusnya dikonservasi agar lebih bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu perlu mengutamakan pemerliharaannya termasuk didalamnya penegakan hukum.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Tags

Terkini

Tentang HarianKami.com

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Menpora Membentuk Tim Khusus Untuk Menangani WADA

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Buwas Buka-Bukaan Alasan Penyebab Kerugian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Pemuda Yang Akan Menjadi Agen Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Festival Iklim 2021 Mengantisipasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X