• Minggu, 24 Oktober 2021

Bank Dunia Mendukung Rehabilitasi 600,000 Hektar Hutan Mangrove di Indonesia

LBH
- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Polda Jateng saat tanam mangrove
Polda Jateng saat tanam mangrove

Beritasenator.com. Indonesia dengan luas hutan mangrove mencapai 3,3 juta hektar ini. Diharapkan bisa menjaga ekosistem yang ada serta bisa dijaga keberadaanya.

Saat Persemian peta Mangrove ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono melancurkan Peta Mangrove Nasional yang berlangsung di TWA Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (13-10-2021).

 Baca Juga: Batal di Monas Penyelenggaran Formula E

Menko Marves juga menyampaikan terima kasih kepada World Bank yang telah mengingatkan pentingnya rehabilitasi, konservasi dan pengawasan mangrove sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

 

Pemerintah pun sangat serius dalam upaya rehabilitasi ekosistem mangrove yang kritis, dimana Kelembagaan BRGM dibentuk dalam memfasilitasi percepatan restorasi gambut dan mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

 Baca Juga: 4 Kader PDI-P Menggugat Ketua Umumnya Megawati

“Kredibilitas BRGM dalam penanganan gambut sudah terbukti, namun untuk peletakan fondasi yang kuat dalam penanganan mangrove masih perlu penguatan dari aspek SDM dan secara institusi harus tumbuh berkembang menjadi Lembaga yang terbuka dan akomodatif-adaptif atas setiap perubahan yang terjadi,” jelasnya.

 

Sisi lain, lanjut Menko Luhut, meski adanya refocusing anggaran telah membatasi target capaian BRGM, namun jangan sampai mematahkan semangat untuk menggapai tujuan mulia yaitu rehabilitasi lahan-lahan kritis di Indonesia bagi kemakmuran masyarakat pesisir.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Tags

Terkini

Tentang HarianKami.com

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:33 WIB

Menpora Membentuk Tim Khusus Untuk Menangani WADA

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Buwas Buka-Bukaan Alasan Penyebab Kerugian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:27 WIB

Pemuda Yang Akan Menjadi Agen Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Festival Iklim 2021 Mengantisipasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X