• Selasa, 7 Desember 2021

Pemerintah Akan Memperlancar Arus Eksport Import

LBH
- Rabu, 24 November 2021 | 18:00 WIB
Ilustrasi Artikel Bebas Safeguard di Filipina, Mendag: Kabar Gembira Bagi Eksportir Mobil Nasional  (OpenClipart_Vectors/Pixabay)
Ilustrasi Artikel Bebas Safeguard di Filipina, Mendag: Kabar Gembira Bagi Eksportir Mobil Nasional (OpenClipart_Vectors/Pixabay)

Beritasenator.com. “Salah satu paling mendasar adalah di bidang kesehatan,” kata Menko Luhut dalam Webinar bertajuk “Embrace Trade Recovery Momentum” yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa (23-11-2021).

Menko Marves, Pandemi Covid-19 memang memberikan efek atau dampak negatif, termasuk pada aktivitas ekspor impor di Indonesia. Meskipun demikian, dampak terhadap ekspor Indonesia tidak seragam dirasakan tergantung pada jenis produk dan tujuan ekspornya.

Baca Juga: China Mulai Memanfaatkan Teknologi 5G+ Untuk Industri

Ekspor dengan kandungan impor tinggi dan terkait dengan rantai nilai global atau global value chains (GVC) akan terdampak lebih besar. “Ekspor dengan tujuan negara yang trafficnya rendah, seperti AS, juga akan terkena dampak lebih besar dibandingkan dengan ekspor ke China dan Jepang,” sebutnya.

Sebagai perhatian pemerintah dengan kondisi yang ada, Menko Luhut menambahkan untuk meningkatkan kinerja ekspor impor pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Diantaranya, pemerintah mempermudah proses bongkar muat untuk ekspor impor di pelabuhan Indonesia guna mengurangi kepadatan di pelabuhan dan mempercepat pergerakan kapal dan kontainer.

Baca Juga: FBI dan Europol Berhasil Menangkap Penjahat Internet 'Ransomware' 

Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif fiskal melalui penjaminan terhadap pinjaman melalui LPEI (export-related) dan PII (non-export).

 “Bapak ibu sekalian, teman-teman pengusaha jangan pernah pesimis melihat ini, Anda harus optimistis melihat negeri kita ini. Karena menurut saya, we are on the right track. Saya kira leader kita, yakni  Presiden Joko Widodo telah memberikan contoh yang baik, jadi saya kira itu kekuatan kita,” tambahnya.

 Baca Juga: Platform Facebook Tidak Cukup Besar Menampung Ambisi Mark Zuckerger. Facebook Berevolusi Menjadi Meta

“Sekali lagi terima kasih dan selamat kepada BCA yang sudah melakukan webinar ini, mudah-mudah bermanfaat apa yang sampaikan,” lanjut Menko Luhut menutup paparannya.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Tags

Terkini

Majalah MATRA edisi cetak Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 04:56 WIB

Laporan Pendahuluan Dari Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:30 WIB

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Pentingnya Penguatan Ekonomi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:00 WIB

Singapura Akan Mendukung Kebijakan Indonesia di G20

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:00 WIB

BPJS Kesehatan Meraih Penghargaan Korpri Award

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:00 WIB
X