• Selasa, 7 Desember 2021

Menggunakan Media Sosial secara Positif

- Senin, 18 Oktober 2021 | 06:30 WIB

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sebagian orang menganggap adanya media sosial memberikan beberapa dampak, baik itu positif maupun negatif. Terlebih di era pandemi.

“Sekilas media sosial memberikan kemudahan dan manfaat yang baik bagi masyarakat. Hanya saja di sisi lain ada pula dampak negatifnya yang muncul,” tutur Aloysius Wemby seorang Risk Management Consultant dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (!3/10/2021).

Karena itu, sebelum bermedia sosial kita harus memahami terlebih dahulu dampak-dampaknya, agar bisa lebih cakap dan bijak dalam menggunakannya.

Wemby memaparkan, dampak positif media sosial bagi para penggunanya akan memudahkan berkomunikasi bahkan antar negara, memudahkan pencarian informasi, membangun personal branding, sarana berbisnis dan pembelajaran.

Selain dampak positif, dampak negatifnya semua aktivitas kita tidak lepas dari gadget dan berakhir menyebabkan kecanduan.

Untuk menekan penggunaan media sosial agar lebih berdampak positif, kita sebagai pengguna bisa memanfaatkannya secara produktif dan kreatif.

Ia menyampaikan, memulainya pun bisa dilakukan dengan mengikuti tokoh yang menginsporasi, membangun jaringan/komunitas yang baik, berpikir out of the box, serta mencontoh orang-orang yang telah sukses berkiprah di media sosial.

“Kita memanfaatkan media sosial dengan seperlunya, bukan sedikit-sedikit pakai media sosial. Kalau kita bisa memanfaatkan secara produktif dan kreatif, kita bisa membuat perubahan yang positif juga,” jelasnya.

Setelah menggunakan internet dengan produktif dan kreatif, upaya yang bisa kita terapkan agar tidak terjebak kecanduan.

Dalam paparan Wemby, upaya tersebut ialah dengan memaksimalkan waktu bersama lingkungan sekitar, mengedepankan aktivitas fisik, dan perbanyak sosialisasi di kehidupan nyata.

Halaman:

Editor: Jojo

Sumber: Majalah Eksekutif

Tags

Terkini

Tiga Cara Kuasai Kecakapan Digital

Senin, 6 Desember 2021 | 22:59 WIB

Memahami Profil Pelajar Pancasila

Minggu, 5 Desember 2021 | 04:12 WIB

Indonesia Negara Pertama Kasus Cyberbullying di Dunia

Jumat, 3 Desember 2021 | 06:07 WIB

Mengutamakan Konten Positif di Medsos

Kamis, 2 Desember 2021 | 05:55 WIB

Masyarakat Perlu Berpartisipasi Melawan Hoaks

Kamis, 2 Desember 2021 | 03:52 WIB

Menjadi Warga Negara Virtual yang Menerapkan Etika

Minggu, 28 November 2021 | 05:16 WIB

Sadar Memberlakukan Etika di Medsos

Sabtu, 27 November 2021 | 10:22 WIB

Kesadaran Jaga Data Pribadi

Jumat, 26 November 2021 | 06:45 WIB

Pemerintah Akan Terus Meningkatkan Kesejahteraan Guru

Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB
X