• Selasa, 7 Desember 2021

Media Pembelajaran Moodle, Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:19 WIB

Saat pembelajaran jarak jauh dilakukan harus ada inovasi bagaimana cara para pendidik dapat memberikan materi atau proses pembelajaran yang efektif dan efisien melalui berbagai aplikasi.

Di lapangan itu banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya Moodle dan aplikasi media pembelajaran interaktif yaitu Articulate Storyline.

Asep Parid Soleh, guru SMPN 1 Rancabali, Kabupaten Bandung menjelaskan, Moodle yaitu salah satu open-source yang digunakan untuk menunjang sistem manajemen pembelajaran secara online menggunakan perangkat komputer.

Tentunya ini juga termasuk ke dalam sebuah aplikasi berbasis web. Moodle dapat melakukan untuk setiap aktivitas pembelajaran terkait akses, materi, diskusi tanya jawab hingga evaluasi dapat dilakukan melalui tampilan website.

Kemudian articulate storyline adalah sebuah perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk membuat presentasi.

Hampir sama dengan Microsoft PowerPoint akan tetapi mereka lebih lengkap di antaranya ada fitur timeline, movie, picture, karakter dan lain-lain yang mudah digunakan seperti layaknya kita menggunakan PowerPoint.

"Di sini kita bisa membuat sebuah media interaktif untuk sebuah materi yang menyenangkan. Sehingga siswa kita itu bisa lebih interaktif dengan media itu seperti halnya mereka apa main game, ada interaksinya," jelasnya saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/10/2021) pagi.

Menurutnya, penggabungan Moodle dan karena sebenarnya untuk membuat media pembelajaran interaktif itu bisa cukup dengan menggunakan storyline yang dapat di download di https.articulate.com secara gratis.

Tampilannya seperti PowerPoint akan tetapi di sini kalau kita gunakan terutama untuk evaluasi, nilainya akan terpisah.

Maka kita kolaborasikan dengan konten LMS Moddle supaya nanti hasil evaluasi peserta didik yang nantinya akan digunakan sebagai bahan laporan untuk guru atau tenaga pendidik itu dapat tersimpan dalam sebuah database yang ada di dalam model ini.

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Tiga Cara Kuasai Kecakapan Digital

Senin, 6 Desember 2021 | 22:59 WIB

Memahami Profil Pelajar Pancasila

Minggu, 5 Desember 2021 | 04:12 WIB

Indonesia Negara Pertama Kasus Cyberbullying di Dunia

Jumat, 3 Desember 2021 | 06:07 WIB

Mengutamakan Konten Positif di Medsos

Kamis, 2 Desember 2021 | 05:55 WIB

Masyarakat Perlu Berpartisipasi Melawan Hoaks

Kamis, 2 Desember 2021 | 03:52 WIB

Menjadi Warga Negara Virtual yang Menerapkan Etika

Minggu, 28 November 2021 | 05:16 WIB

Sadar Memberlakukan Etika di Medsos

Sabtu, 27 November 2021 | 10:22 WIB

Kesadaran Jaga Data Pribadi

Jumat, 26 November 2021 | 06:45 WIB

Pemerintah Akan Terus Meningkatkan Kesejahteraan Guru

Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB
X