• Selasa, 5 Juli 2022

Air Rebusan Rumput Paragis dapat Sembuhkan Kanker, Ternyata ini

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:01 WIB

[SALAH] Air Rebusan Rumput Paragis dapat Sembuhkan Kanker

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 09/05/2022

BERITA

“Beberapa manfaat rumput Paragis adalah:

Aktivitas Anti Kanker
 
Rumput Paragis memiliki aktivitas antikanker dan antioksidan yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ini dapat efektif menghilangkan mioma dan kista ovarium.
 
Olah dahulu rumput Paragis menjadi teh untuk dikonsumsi secara teratur pada pagi hari atau sebelum tidur di malam hari yang akan menghilangkan kista.
Penyakit Ginjal
 
Tanaman ini memiliki diuretik alami yang meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Ini
menghilangkan racun dan agen lain melalui urin yang membantu menjaga masalah ginjal.
 
Lebih jauh, ini akan bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit ginjal.
Bermanfaat untuk Luka, Radang Sendi dan Parasit
 
Radang sendi adalah penyakit umum yang ditemukan pada orang tua yang dapat dicegah ketika tanaman ini dioleskan pada daerah yang terkena sebagai manfaat rumput Paragis lainnya.
 
Caranya, masukan campuran tanaman ini dan kelapa parut sampai menjadi panas, dan balut pada daerah yang sakit.
 
Ini juga dapat digunakan pada luka untuk menghentikan pendarahan. menjadi pencahar yang kuat, serta menghilangkan cacing dan parasit dari perut.
Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi
 
Konsumsi rumput Paragis berbentuk teh setiap hari akan menghilangkan diabetes dan tekanan darah tinggi. Ini juga menurunkan suhu tubuh dengan memberikan bantuan dari demam dan juga menghilangkan ketombe dari rambut.
 
Tanaman ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit lain seperti hemoptisis, gangguan liver, gangguan kandung kemih, malaria, penyakit kuning, epilepsi dan kemandulan pada wanita.”

HASIL CEK FAKTA

Beredar informasi di Facebook tentang manfaat rumput paragis untuk mengobati beberapa penyakit salah satunya kanker ovarium atau miom.

Setelah ditelusuri, Turnbackhoax.id pernah membahas isu terkait dengan judul “[SALAH] Rumput Paragis untuk Menyembuhkan Kanker” yang diunggah pada 22 Maret 2021.
 
Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan rumput Paragis (rumput Belulang) dapat menyembuhkan pasien kanker.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal farmasi, World Journal of Pharmautical Research (WJPR), menjelaskan bahwa rumput belulang dengan nama ilmiah Eleusine indica L. berkhasiat untuk pengobatan batuk, disentri, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, keluhan limpa dan hati, kandung kemih dan batu ginjal, keseleo, dislokasi tulang dan sakit pinggang.

Dikutip dari detik.com menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dr.dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes, memang ada jenis herbal untuk diabetes dan hipertensi.
 
Namun belum ada obat herbal untuk penyembuhan kanker yang fitofarmaka (obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji tertentu).

dr Ina juga menambhakan bahwa obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, membantu revitalisasi tubuh, bukan menyembuhkan atau menghilangkan sel kanker.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim rumput Paragis dapat menyembuhkan kanker adalah salah, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dr.dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes rumput Paragis atau obat herbal lainnya hanya dapat membantu revitalisasi tubuh akibat kemoterapi, bukan menyembuhkan atau menghilangkan sel kanker.
 
 
 

Editor: Jojo

Terkini

BKKBN Beri 8 Tips dan Langkah Cegah Stunting

Senin, 4 Juli 2022 | 07:52 WIB

Perubahan Iklim Membuat Hama Tikus Meningkat

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:00 WIB

Sirih Merah dan Manfaatnya

Senin, 13 Juni 2022 | 12:37 WIB

Pandemi Covid-19 Di Indonesia Terkendali

Minggu, 12 Juni 2022 | 15:00 WIB

Perang Ukraina Membawa Krisis Pangan Global

Rabu, 8 Juni 2022 | 17:00 WIB
X