• Minggu, 14 Agustus 2022

BKKBN Beri 8 Tips dan Langkah Cegah Stunting

- Senin, 4 Juli 2022 | 07:52 WIB

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang dan stimulasi lingkungan yang kurang mendukung, ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah standard.

Stunting berdampak jangka panjang hingga lanjut usia. Oleh karena itu stunting berdampak sangat buruk bagi masa depan anak-anak.

Anak stunting, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya, namun juga terganggu perkembangan otaknya. Tentu, ini akan sangat memengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, tingkat prevalensi stunting di Indonesia mencapai 24,4%. Artinya, satu dari empat balita di Indonesia mengalami stunting.

Namun kelahiran atau bayi stunting sebenarnya bisa dicegah.

Penyuluh KB Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Siti Fathonah mengatakan saat ini ada sekitar 6 juta anak di Indonesia yang mengalami stunting.

Menurut Fatonah, kemiskinan bukan satu-satunya faktor penyebab stunting, namun hal yang lebih banyak menjadikan anak stunting akibat minimnya pengetahuan saat sebelum menikah, hamil dan pola asuh yang salah terhadap anak.

Fatonah mengatakan melalui edukasi dan sosialisasi kepada keluarga-keluarga yang terus dijalankan BKKBN dalam upaya percepatan penurunan stunting maka masyarakat dapat terbuka pola pikirnya dan dapat melakukan upaya-upaya pencegahan stunting.

Agar bayi yang dilahirkan tumbuh dengan sehat dan cerdas, berikut 8 tips dan langkah mencegah balita Anda mengalami stunting,

Halaman:

Editor: Jojo

Tags

Terkini

Kini Air Hujan Sudah Tidak Layak Diminum

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Presiden AS Joe Biden Positif Terkena Covid-10

Jumat, 22 Juli 2022 | 13:00 WIB

139 Jemaah Haji Sakit Indonesia di Safari Wukufkan

Minggu, 10 Juli 2022 | 11:00 WIB

Jakarta Statusnya Menjadi PPKM Level 2

Rabu, 6 Juli 2022 | 11:00 WIB
X