• Minggu, 14 Agustus 2022

Mengantispasi Kenaikan Covid-19 Akan Meningkatkan Pelaksanaan Dosis Ketiga

LBH
- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:00 WIB
Pemerintah mengeluarkan aturan baru dengan menyediakan vaksin booster Covid-19 di Bandara karena jadi syarat perjalanan. / Foto: Istimewah
Pemerintah mengeluarkan aturan baru dengan menyediakan vaksin booster Covid-19 di Bandara karena jadi syarat perjalanan. / Foto: Istimewah

Beritasenator.com. Presiden Joko Widodo mendorong agar vaksinasi ketiga atau booster terus digencarkan terutama di wilayah dengan capaian yang masih di bawah target nasional. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang turut hadir dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi mengatakan bahwa ke depan pemerintah akan memberlakukan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan dan kegiatan masyarakat.

“Nah, tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan. Jadi tadi arahan Bapak Presiden untuk di airport juga disiapkan untuk vaksinasi dosis ketiga,” ujar Airlangga dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 4 Juli 2022.

Baca Juga: Korlantas Polri Menggelar Road Safety Campaign di CFD Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke 76

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa dari pengamatan yang dilakukan oleh pihaknya, vaksinasi booster terbukti mampu meningkatkan kadar antibodi pada tubuh. Berdasarkan hasil sero survei yang dilakukan pada bulan Maret kemarin, sebesar 99 persen populasi di Indonesia sudah memiliki antibodi.

“Jadi kalau Desember kita sero survei antibodinya sekitar 400-an, 500-an, itu sudah dimiliki oleh 88 persen populasi, di bulan Maret kemarin kita sero survei 99 persen populasi sudah memiliki antibodi di level 3.000, 4.000-an, jadi jauh lebih tinggi,” ucap Budi.

Baca Juga: Berakhirnya Era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Di Dunia Sepakbola

Menurut Budi, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali melakukan sero survei yang dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan terkait protokol kesehatan dan vaksinasi. “Diharapkan dalam sebulan hasilnya sudah bisa keluar sehingga kita bisa mengambil kebijakan yang tepat mengenai protokol kesehatan dan juga vaksinasi,” tambahnya.

Pemerintah pun terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi pandemi Covid-19. Menkes juga berpesan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker dan segera mendapatkan vaksinasi booster guna menjaga antibodi dalam tubuh.

Baca Juga: Kronologis Kecelakaan Truk Pembawa Ayam Dengan Bus Primajasa di Tol Cipali

“Pesannya adalah tetap jalankan protokol kesehatan terutama terkait masker dan percepat juga boosternya agar antibodinya kita tetap tinggi,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Terkini

Kini Air Hujan Sudah Tidak Layak Diminum

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Presiden AS Joe Biden Positif Terkena Covid-10

Jumat, 22 Juli 2022 | 13:00 WIB

139 Jemaah Haji Sakit Indonesia di Safari Wukufkan

Minggu, 10 Juli 2022 | 11:00 WIB

Jakarta Statusnya Menjadi PPKM Level 2

Rabu, 6 Juli 2022 | 11:00 WIB
X