• Selasa, 29 November 2022

Kini Air Hujan Sudah Tidak Layak Diminum

LBH
- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi hujan (Foto: Ilustrasi Pixabay)
Ilustrasi hujan (Foto: Ilustrasi Pixabay)

Beritasenator.com. Air hujan hampir di mana-mana di Bumi memiliki tingkat 'bahan kimia selamanya' yang tidak aman, menurut penelitian baru.

Zat per dan poli-fluoroalkil (PFAS) adalah keluarga besar bahan kimia buatan manusia yang tidak terjadi di alam. Mereka dikenal sebagai 'bahan kimia selamanya' karena tidak terurai di lingkungan.

Baca Juga: Cabang Catur Telah Menyumbangkan 4 Emas Di Ajang ASEAN Para Games 

Mereka memiliki sifat anti lengket atau anti noda sehingga dapat ditemukan di barang-barang rumah tangga seperti kemasan makanan, elektronik, kosmetik dan peralatan masak.

Tapi sekarang para peneliti di Universitas Stockholm telah menemukan mereka di air hujan di sebagian besar lokasi di planet ini - termasuk Antartika. Tidak ada tempat yang aman untuk melarikan diri dari mereka.

Tingkat pedoman yang aman untuk beberapa bahan kimia selamanya ini telah turun secara dramatis selama dua dekade terakhir karena wawasan baru tentang toksisitasnya. 

“Telah terjadi penurunan yang mencengangkan dalam nilai pedoman untuk PFAS dalam air minum dalam 20 tahun terakhir,” kata Ian Cousins, penulis utama studi dan profesor di Departemen Ilmu Lingkungan, Universitas Stockholm. Untuk satu zat terkenal, "asam perfluorooctanoic penyebab kanker (PFOA)", nilai pedoman air telah menurun 37,5 juta kali di AS. 

“Berdasarkan pedoman AS terbaru untuk PFOA dalam air minum, air hujan di mana-mana akan dinilai tidak aman untuk diminum,” katanya. "Meskipun di dunia industri kita tidak sering minum air hujan, banyak orang di seluruh dunia berharap air itu aman untuk diminum dan memasok banyak sumber air minum kita."

Baca Juga: Pemerintah Joko Widodo Tidak Membedakan Atlet Difabel dan Non Difabel 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: euronews

Terkini

Ayo Vaksin Covid-19 Booster Ke 2 Dengan Indovac

Jumat, 25 November 2022 | 10:45 WIB

Menteri Kesehatan G20 Mendukung Pemberantasan TBC

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 18:37 WIB

Ini Daftar 156 Obat Cair Atau Sirop Yang Aman

Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:35 WIB

Indonesia Sudah Punya Vaksin Covid-19 Sendiri IndoVac

Jumat, 14 Oktober 2022 | 09:08 WIB
X