• Selasa, 7 Desember 2021

Menyebarkan Budaya Kreatif dan Produktif di Media Sosial

- Jumat, 26 November 2021 | 05:25 WIB

Beritasenator.com -- Aktivitas online masyarakat semakin tinggi, kini ruang digital pun dimanfaatkan untuk penyebaran budaya Indonesia melalui unggahan konten-konten kreatif.

Hal tersebut sangatlah relevan sebab platform digital sedang bertumbuh, dibarengi peran aktif masyarakat menyebarkan budaya kreatif yang positif di internet.

Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership mengatakan, ruang digital saat ini berkembang pesat.

Berbagai platform media sosial terus memberikan sesuatu yang baru, bahkan belum selesai belajar kemudian muncul lagi fitur-fitur lain untuk dimanfaatkan.

“Kita tidak bisa stop itu karena bagian dari perkembangan zaman. Justru kita yang harus beradaptasi kalau nggak ketinggalan,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat ,  pada Selasa (23/11/2021).

Berbagai platform ruang digital sedang populer sekarang, antara lain Instagram yang belum lama mengeluarkan reels dengan gambar bergerak.

Selanjutnya ada TikTok yang kini bisa menampilkan durasi video lebih lama dari sebelumnya, serta YouTube yang durasinya panjang dengan kategori audiens lebih beragam.

“Berbagai platform tersebut bisa dijadikan sarana penyebaran budaya dengan cara yang kreatif karena penggunanya bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik sehingga akan menghasilkan konten lebih hidup dan menarik,” katanya lagi.

Adapun mengenai konten kreatif sebagai sarana penyebaran budaya Indonesia yang positif isi pesannya dimunculkan dalam bentuk konten berbagi ilmu.

Misalnya berupa cara mengedit foto, resep masakan kuliner Indonesia, termasuk tips DIY (Do It Yourself). Saking banyaknya, setiap orang bisa menyebarkan semangat sekaligus energi positif kepada pengguna lainnya.

Bahkan untuk lebih kreatif lagi seorang content creator bisa membuat konten kolaborasi, seperti menyanyikan lagu nasional dengan aransemen yang kekinian untuk menarik para milenial.

Halaman:

Editor: Jojo

Sumber: Majalah Eksekutif

Tags

Terkini

Mahasiswa Memanfaatkan Mobile JKN

Senin, 6 Desember 2021 | 16:00 WIB

Tetap Berbudaya Saat di Dunia Digital

Jumat, 3 Desember 2021 | 05:14 WIB

Perilaku Budaya Berkomunikasi di Era Digitalisasi

Minggu, 28 November 2021 | 05:25 WIB

Perkembangan Teknologi Perlu Diimbangi Budaya Digital

Rabu, 24 November 2021 | 07:19 WIB

Manfaatkan Geopark Sebagai Sarana Edukasi dan Wisata

Selasa, 23 November 2021 | 10:00 WIB
X