Apresiasi Wapre RI Terhadap Perusahaan Yang Menjaga Pelestarian Lingkungan

LBH
- Rabu, 29 Desember 2021 | 16:00 WIB
Wapres KH Ma'ruf Amin beri penghargaan (Instagram/kyai_marufamin)
Wapres KH Ma'ruf Amin beri penghargaan (Instagram/kyai_marufamin)

Beritasenator.com.  Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa tak terkecuali dunia usaha. Oleh karena itu, dunia usaha diharapkan terus melakukan praktik bisnis dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitarnya.

“Dunia usaha harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik, non-fisik, maupun lingkungan sosial,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Penganugerahan Penghargaan Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2021, di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Joko Widodo Mendengarkan Langsung Cerita Erupsi Semeru Ditenda Pengungsian

Terkait hal tersebut, Wapres menuturkan bahwa dunia usaha dapat menjadikan PROPER sebagai platform untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Sebab menurutnya, PROPER saat ini telah bertransformasi dari kriteria sederhana, yaitu penilaian pengendalian pencemaran air, kemudian berkembang menjadi kriteria yang mengusung perbaikan berkelanjutan, hingga sekarang mencakup kriteria daya tanggap terhadap kebencanaan.

“Berbagai kriteria tersebut diharapkan menjadi indikator bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan yang berkelanjutan, bukan hanya berfokus pada pencapaian profit,” tegasnya.

Baca Juga: Satyan Lencana Dharma Olahraga Untuk Atlet Indonesia

Lebih jauh, pada kesempatan ini Wapres juga menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadi perhatian bersama dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup. Pertama, dalam rangka Presidensi Indonesia di G20, Indonesia harus dapat memberikan contoh dalam bekerjasama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata.

“Penanganan perubahan iklim harus bergerak maju seiring dengan penanganan berbagai tantangan global lainnya seperti pengentasan kemiskinan dan pencapaian target SDGs,” urainya.

Oleh karena itu, sambung Wapres, kalangan dunia usaha diharapkan dapat ikut berperanan aktif dalam mendukung komitmen Pemerintah untuk bertindak nyata dalam mengatasi perubahan Iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Baca Juga: Kasus Omicron di Indonesia Mencapai 46 Kasus

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: wapresri.go.id

Tags

Terkini

Pemerintah Melarang Ekspor Minyak Goreng

Sabtu, 23 April 2022 | 10:00 WIB

Keindahan Alam Pantai Tanjung Kelayang di Belitung

Selasa, 12 April 2022 | 16:00 WIB

Banjir di Luwu Selatan Mulai Surut

Rabu, 16 Maret 2022 | 13:00 WIB

BNPB Harus Siap Berintegrasi dan Kolaborasi Multipihak

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:05 WIB

BPBD Bekasi Bersiaga Menghadapi Banjir

Jumat, 18 Februari 2022 | 11:30 WIB

Pergerakan Tanah Membuat Ratusan Rumah Rusak di Tegal

Rabu, 16 Februari 2022 | 09:32 WIB
X