Kementerian Sosial Meluncurkan Program Untuk Disabelitas

LBH
- Senin, 10 Januari 2022 | 13:00 WIB
Kemensos meluncurkab program Indonesia Mendengar
Kemensos meluncurkab program Indonesia Mendengar

Beritasenator.com.  Menteri Sosial Tri Rismaharini meluncurkan programIndonesia Mendengar”, sekaligus menyalurkan bantuan sosial kepada penerima maanfaat (PM) di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Program “Indonesia Mendengar” merupakan bagian dari programIndonesia Mendengar”, “Indonesia Melihat” dan “Indonesia Melangkah”, yang ditujukan khususnya bagi penyandang disabilitas. Program ini merupakan wujud upaya serius Kementerian Sosial mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas.

Baca Juga: Kemendes PDTT Akan Mendukung Wisata Desa di Bukit Lawang dan Tangkahan di Sumut 

Mengutip Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Mensos menyatakan, terdapat 22,97 juta penyandang disabilitas di Indonesia. “Kondisi kedisabilitasan yang dialami saudara-saudara kita ini, mengakibatkan mereka kurang mendapatkan akses pada informasi dan komunikasi, juga pada akses layanan dasar lainnya,” kata Mensos di GOR Basket Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung (08/01).

Dengan Program “Indonesia Mendengar”, Kemensos membantu penyandang disabilitas rungu dan lansia dengan alat bantu dengar dan telepon pintar yang bisa mengubah suara menjadi huruf. Dengan demikian, penyandang disabilitas bisa membaca pesan lawan bicara.

“Program berjalan atas dukungan Komisi VIII yang memberikan keleluasaan kepada Kemensos untuk menyusun anggaran. Lalu kami alokasikan anggaran untuk mengadakan alat bantu, Ada sekitar 34.000 unit alat bantu kami serahkan kepada yang memerlukan,” kata Mensos bersama dengan Wakil Ketua Komisi VIII Tb Ace Hasan Syadzily.

Baca Juga: Diharapkan Setiap Daerah Mempunyai Mal Pelayanan Publik 

Mensos berharap, dengan alat bantu, penyandang disabilitas bisa semakin mandiri. “Selanjutnya mereka bisa meningkatkan akses mereka kepada kegiatan produktf dan pada gilirannya meningkatkan kapasitas keuangan mereka,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Ace Hasan menyatakan, programIndonesia Mendengar” yang diuncurkan Kemensos merupakan terobosan sangat positif. “Karena tidak semua kelompok penyandang disabilitas memiliki akses untuk mendapatkan alat bantu. Dengan program ini, kini akses tersebut bisa terbantu dengan lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Wapres RI Menaruh Perhatian Terhadap Bencana Alam di Jayapura, Papua 

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: Kemensos.go.id

Tags

Terkini

Pemerintah Melarang Ekspor Minyak Goreng

Sabtu, 23 April 2022 | 10:00 WIB

Keindahan Alam Pantai Tanjung Kelayang di Belitung

Selasa, 12 April 2022 | 16:00 WIB

Banjir di Luwu Selatan Mulai Surut

Rabu, 16 Maret 2022 | 13:00 WIB

BNPB Harus Siap Berintegrasi dan Kolaborasi Multipihak

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:05 WIB

BPBD Bekasi Bersiaga Menghadapi Banjir

Jumat, 18 Februari 2022 | 11:30 WIB

Pergerakan Tanah Membuat Ratusan Rumah Rusak di Tegal

Rabu, 16 Februari 2022 | 09:32 WIB
X