• Kamis, 6 Oktober 2022

Kapolda Mengusulkan Lokasi Baru Untuk Unjuk Rasa di Jakarta

LBH
- Jumat, 23 September 2022 | 18:00 WIB
  Massa mahasiswa memadati kawasan Tugu Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta, menyuarakan soal kenaikan harga BBM, Kamis (15/9/2022). ANTARA/Ricky Prayoga/am. (Theo Yusuf Said)
Massa mahasiswa memadati kawasan Tugu Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta, menyuarakan soal kenaikan harga BBM, Kamis (15/9/2022). ANTARA/Ricky Prayoga/am. (Theo Yusuf Said)

Beritasenator.com. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan usulan untuk menjadikan Monas sebagai titik sentralisasi aksi unjuk rasa di Jakarta. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pertemuan dengan perwakilan mahasiswa dan ormas di Mapolda Metro Jaya, Kamis (22/9).

Fadil menilai, kawasan Patung Kuda yang selama ini menjadi titik sentral berkumpulnya massa aksi masih kurang representatif sebagai tempat untuk berunjuk rasa. Dia membuka opsi untuk menjadikan Monas sebagai lokasi baru.

Baca Juga: Rusia Memaksakan Referendum di Wilayah Ukraina Timur Yang Dikuasai Rusia

“Saya melihat bahwa ada sebuah ruang yang bisa kita pergunakan. Kita demo saja di Monas,” ujar Fadil.

Fadil mengungkap, usulannya itu bukan tanpa alasan. Ia menyebut kawasan Monas mampu menampung jumlah massa yang lebih banyak bahkan bisa ribuan orang.

“Ini bisa masuk mungkin sekitar 5 ribu sampai 6 ribu orang daripada kita demo di Jalan Merdeka Barat,” katanya.

Baca Juga: Dialog Tokoh Umat Agama Dunia Diadakan di Kazakhstan

Jenderal bintang dua ini bahkan mengaku sudah membeli sound system berkekuatan 30.000 volt dan menyiapkan panggung sebagai fasilitas penunjang jika massa melakukan unjuk rasa di Monas.

“Saya akan siapkan panggung di sini. Jadi saya sudah beli sound sistem dengan kekuatan 30.000 volt. Untuk media kalau perlu kita siapkan internet untuk bisa live di situ,” ujar Fadil.

Fadil mengatakan, selama demo di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat sudah pasti dilakukan penutupan. Hal ini, lanjut dia, akan mengganggu masyarakat yang akan bergerak. Sehingga usulannya untuk memindahkan titik demo ke kawasan Monas itu dilakukan demi kepentingan publik.

Halaman:

Editor: LBH

Sumber: NTMC Polri

Terkini

Menkopulhukam dan Menpora Akan Memimpin TGIPF

Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:12 WIB

Wakapolda Kaltara Meninjau Bakti Kesehatan Polri

Senin, 3 Oktober 2022 | 12:07 WIB

Polda Kaltim Membongkar Praktek Tambang Ilegal di IKN

Selasa, 27 September 2022 | 19:00 WIB

Siapakah Pencetus BPKB dan Surat Tilang Di Indonesia

Sabtu, 24 September 2022 | 08:00 WIB
X