• Selasa, 7 Desember 2021

Eksportir Mobil Indonesia Terganjal Teknologi standar Euro 5 DI Vietnam?

- Kamis, 25 November 2021 | 05:26 WIB

Beritasenator.com -- "Thailand dan Indonesia merupakan dua negara eksportir kendaraan bermotor roda empat atau lebih terbesar pertama dan kedua ke Vietnam hingga saat ini,” tulis Just Auto.

Ini yang kemudian ramai.

Pasalnya, model-model asal impor di Vietnam memang jumlahnya masih cukup besar. Mobil impor terbanyak di negara itu, adalah berasal dari Thailand, Indonesia, dan Cina. 

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto yang dihubungi di Jakarta, atas nama asosiasi industri mobil Indonesia menyerahkan dan menpercayakan kepada pemerintah untuk menyikapinya.

“Karena persoalan ekspor ini bukanlah kepentingan masing-masing industri semata, tetapi juga kepentingan nasional. Bahkan untuk perdagangan internasional itu kan ada aturannya yakni di WTO (World Trade Organization), kalau negara sudah menandatangani tentu harus patuh ke aturan itu. Kan ada hukuman dan hadiah di situ,” papar Jongkie.

“Kalau memang benar aturan itu akan diberlakukan di sana (Vietnam), yang perlu dilihat adalah ada aturan-aturan turunan yang menjadikan proses ekspor menjadi sulit. Kalau teknologi standar Euro 5 bagi industri kita tidak jadi soal,” ucap Jongkie.

Majelis Nasional Vietnam pada akhir Mei lalu telah mengesahkan revisi Undang-Undang (UU) tentang Perlindungan Lingkungan yang akan menggantikan UU yang sama versi tahun 2014.

Beleid anyar yang akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2022 itu mengharuskan pemilik pabrik – dan termasuk perusahaan pengimpor mesin dan kendaraan – untuk menggunakan teknologi terbaik agar bisa mengendalikan polusi.

Pada sektor industri otomotif, seperti dilaporkan laman Perdagangan Vietnam. Pemerintah belum lama ini, pemerintah Vietnam akan menaikkan standar emisi untuk kendaraan bermotor baru yang dijual di negeri itu.

“Pemerintah menetapkan aturan (berdasar Undang-undang baru hasil revisi itu) yang mewajibkan pematuhan terhadap standar emisi Euro 5. Ini akan berlaku mulai 5 Januari 2022,” tulis laman itu mengutip salah satu pimpinan Majelis Nasional tersebut.

Halaman:

Editor: Jojo

Terkini

Cakap Saring Berita Bohong

Jumat, 26 November 2021 | 07:25 WIB

Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang Hoaks, Tapi Viral

Jumat, 19 November 2021 | 10:39 WIB

Ledakan Bom Mobil di Liverpool, Inggris

Senin, 15 November 2021 | 11:00 WIB

Aturan-aturan saat Berkomunikasi Online

Sabtu, 13 November 2021 | 04:36 WIB

Siapa Yang Paling Banyak Lab PCR?

Jumat, 12 November 2021 | 03:30 WIB
X