• Selasa, 7 Desember 2021

Cakap Saring Berita Bohong

- Jumat, 26 November 2021 | 07:25 WIB
fakenews
fakenews

Hoaks atau berita bohong mudah meluas di masyarakat karena informasinya besifat sensasional hingga membuat penerimanya merasa perlu untuk menyebarkan kembali informasi tersebut.

Faktor penting lainnya yang sering terjadi karena informasi hoaks dibagikan oleh orang terdekat atau orang yang dapat dipercaya, sehingga para penerima informasi hoaks langsung berasumsi bahwa berita tersebut benar adanya.

Survey MASTEL di tahun 2019 pun menyatakan hal serupa, sebanyak 43,5 persen responden mengatakan bahwa berita hoaks diperoleh dari orang yang dapat dipercaya.

“Hoaks atau berita bohong dapat berakibat buruk dalam kehidupan bermasyarakat karena bisa memicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan, bahkan kebencian,” ujar Roky R. Tampubolon  seorang Praktisi Hukum dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (23/11/2021).

Lanjutnya, kalau dibiarkan terus menerus hoaks bisa menimbulkan kecemasan, mengganggu situasi emosional dan suasana hati yang berkepanjangan.

Penyebaran berita hoaks dapat membentuk mental masyarakat ke arah pemahaman hoaks, yakni mudah percaya akan berita bohong tanpa melakukan perbandingan ke sumber lain.

Apabila hoaks dilakukan secara sengaja, pelaku dapat terkena pidana hukum. Perlu bagi kita menjaga diri untuk tidak mudah menyebarkan berita bohong.

Kita harus memiliki kemampuan untuk menyaring setiap berita yang kita dan mengidentifikasi hoaks.

Hoaks sendiri dapat diidentifikasi melalui judul. Kebanyakan hoaks mengandung judul-judul provvokatif.

Kemudian, cek alamat situs sumber berita, periksakan fakta dan keberimbangan sumber berita, dan cek keaslian foto dan video.

Halaman:

Editor: Jojo

Sumber: Majalah Eksekutif

Tags

Terkini

Cakap Saring Berita Bohong

Jumat, 26 November 2021 | 07:25 WIB

Luna Maya Jadi Ketua RT di Kemang Hoaks, Tapi Viral

Jumat, 19 November 2021 | 10:39 WIB

Ledakan Bom Mobil di Liverpool, Inggris

Senin, 15 November 2021 | 11:00 WIB

Aturan-aturan saat Berkomunikasi Online

Sabtu, 13 November 2021 | 04:36 WIB

Siapa Yang Paling Banyak Lab PCR?

Jumat, 12 November 2021 | 03:30 WIB
X