• Kamis, 6 Oktober 2022

Video Burung Garuda di Gunung Penanggungan, Jawa Timur,

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:56 WIB

[SALAH] Video Burung Garuda di Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Sumber: Whatsapp.com
Tanggal publish: 09/08/2022

BERITA

“Anda Beruntung Bisa Melihat Walau Cuma Video Dan Simpan Utk Dokomentasi Ya, Karena Burung Garuda Yg Lambang Negara Ini Sangat Langka Dan Semua Org Menganggap Mitos Tidak Ada Burung Yg Suka Melebarkan Sayapnya 24 Jam Sangat Gagah Ditakuti Semua Burung Di Dunia Ini Rajanya Burung.

Ternyata Burung Garuda Bukan Hanya Mitos Atau Dongeng. Dalam Cerita Ramayana Dia Adalah Jatayu. Burung Yang Sangat Jarang Menampakan Dirinya. Tapi Baru² Ini Garuda Telah Menampakan Dirinya Di Daerah Hutan Gunung Penanggungan, Jawa Timur.
 
Burung Yg Sayapnya Luar Biasa Lebar Dan Indah Sekali. Mudah² an Dengan Kemunculan Burung Ini Pentanda Negara Republik Indonedia Tetap Kuat Jaya Khususnya Saudar² Ku Yg Terima Video Ini Sehat Panjang Umur Dan Penuh Berkah Bahagia Sekeluarga ????????????”

HASIL CEK FAKTA

Beredar sebuah video di WhatsApp yang menunjukkan seekor burung yang tengah bersiap untuk terbang dari pinggir tebing.
 
Video tersebut disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa burung dalam video tersebut adalah burung garuda yang terlihat di daerah hutan Gunung Penanggungan, Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penelusuran, burung dalam video tersebut bukan burung garuda. Video tersebut merupakan video seekor burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Silvana V Andrade” (https://www.facebook.com/silvana.v.andrade/). Silvana sendiri merupakan pendiri ANDA, sebuah organisasi pencinta hewan di Argentina.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

KESIMPULAN

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan burung garuda. Faktanya, video tersebut merupakan video seekor burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

RUJUKAN

Editor: Jojo

Terkini

Dugaan Ijazah Palsu, Jokowi Kena Prank

Rabu, 5 Oktober 2022 | 06:41 WIB

Iklan Aura Kasih Buka Hati Cari Calon Suami Viral

Minggu, 2 Oktober 2022 | 02:20 WIB

Big Match London Derby Arsenal VS Tottenham

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:17 WIB

Video Mobil Berjalan di bawah Truk untuk Bersembunyi

Kamis, 29 September 2022 | 03:55 WIB

Aiman Dapat Bocoran Laporan Keuangan Konsorsium 303

Selasa, 27 September 2022 | 21:04 WIB
X